Hal ini dilakukan dengan menyediakan pasokan listrik yang andal dan menyiapkan material pendukung serta petugas yang siaga guna memastikan keandalan pasokan listrik dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan Nias Pro 2018
Medan (ANTARA News) - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mendukung kelancaran "Nias Pro 2018" yang merupakan kejuaraan selancar profesional di Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara.

Deputi Manajer Humas dan Hukum PLN Wilayah Sumut Abdul Rahman di Medan, Minggu, mengatakan, pihaknya menyadari jika Nias Pro 2018 merupakan kegiatan yang penting, terutama bagi masyarakat di Kepulauan Nias.

Karena itu, BUMN tersebut memberikan dukungan penuh dalam menyediakan pasokan energi listrik yang dibutuhkan selama kejuaraan selancar (surfing) itu berlangsung.

Kejuaraan selancar yang digelar di Pantai Sorake, Kabupaten Nias Selatan tersebut juga menjadi momentum bagi PLN untuk memperkuat keandalan pasokan listrik yang dibutuhkan masyarakat.

Manager PLN Area Nias Evan Sirait mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan untuk mendukung pelaksanaan kesuksesan perhelatan kejuaraan selancar angin internasional yang berlangsung hingga 28 Agustus itu.

"Hal ini dilakukan dengan menyediakan pasokan listrik yang andal dan menyiapkan material pendukung serta petugas yang siaga guna memastikan keandalan pasokan listrik dalam mendukung kelancaran dan kesuksesan Nias Pro 2018," katanya.

Evan menjelaskan, sebagai sumber listrik utama di acara kejuaraan selancar internasional tersebut, PLN Area Nias menyusun skema distribusi daya yang berlapis.

Dengan demikian, seluruh rangkaian kegiatan yang didukung Liga Selancar Dunia (World Surfing League/WSL) tersebut dapat dinikmati oleh peserta dan penonton, baik secara langsung mau pun "live streaming" ke seluruh penjuru dunia.

PLN Nias meningkatkan kualitas pasokan listrik dengan mengoperasikan Gardu Induk Teluk Dalam dan Transmisi 70 KV, kemudian memastikan keandalan Gardu Distribusi dan Jaringan yang melayani ke lokasi tersebut sebagai "Main Supply".

Kemudian, dengan mengedepankan konsep "Nias Pro 2018, Powered by PLN", pihaknya juga menyiapkan pasokan "back up" atau cadangan dengan menyediakan genset lengkap dengan petugas yang bersiaga.

"PLN Area Nias telah berkomitmen menghadirkan pasokan listrik yang andal untuk menyukseskan even Nias Pro 2018. Semoga kondisi cuaca juga dapat mendukung sehingga pasokan listrik disana aman," katanya.

Baca juga: PT PLN kirim 32 genset ke Nias
Baca juga: PLN sesalkan operasi PLTD Nias dihentikan sepihak

Pewarta: Irwan Arfa
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018