Jakarta (ANTARA News) - Seperangkat komputer lama buatan Apple, yang masih berfungsi, akan dilelang di RR Auctions di Amerika Serikat, diperkirakan akan diminati banyak orang meski pun harganya fantastis.

Steve Jobs dan Steve Wozniak membuat sekitar 200 komputer bernama Apple-1 pada pertengahan tahun 70an, laman Cnet menulis 60 unit masih tersisa hari ini.

Rumah lelang tersebut menaksir komputer Apple-1 akan laku lebih dari 300.000 dolar, sekitar Rp4,4 miliar. Harga tersebut setara dengan mobil mewah 2019 Aston Martin DBS Superleggera.

Model komputer Byte Shope Apple-1 ini merupakan salah satu dari 50 unit yang diporduksi duo Steve untuk dijual di Byte Shop, salah satu toko komputer pertama di dunia.

Unit yang dilelang terdiri dari set lengkap perangkat komputer, termasuk motherboard, buku petunjuk asli, monitor dan keyboard.

Produk-produk lawas yang berkaitan dengan sejarah Apple selalu dilego  dengan harga yang tinggi. Berkas laporan yang juga berisi pesan dan ditandatangani oleh Jobs dilelang seharga 20.000 dolar, menurut situs RR Auction.

Baca juga: Wanita California "buang" Apple 1 seharga Rp2,6 miliar

Baca juga: Apple singkirkan aplikasi penghimpun data pribadi

Baca juga: Survei: penjualan global komputer pribadi jatuh lagi

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018