Di gim kedua, kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Namun pelatih menginstruksikan agar lebih banyak bola-bola datar dan strategi tersebut berhasil,”
Jakarta (ANTARA News) -  Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melangkah ke babak final Asian Games 2018 setelah menumbangkan juara dunia Li Jun Hui/Liu Yu Chen dari China 21-14, 19-21, 21-13 di Istora Senayan, Senin.

Pada pertandingan semifinal yang berlangsung selama 47 menit tersebut, pasangan Indonesia yang kini berada di peringkat sembilan dunia tampil lebih dominan di gim pertama dan selalu unggul dalam pengumpulan poin. 

Namun, kondisi berubah di gim kedua saat pasangan ganda putra China yang menempati peringkat dua dunia tersebut mampu tampil menekan.

Meski sempat menyakanan kedudukan menjadi 19-19 setelah tertinggal 14-17, namun pasangan Li/Liu bisa bermain lebih tenang dan memastikan kemenangan di gim kedua setelah bola dari Rian membentur net.

Di gim penentuan, kedua pasangan saling berbagi poin di awal gim. Namun, Fajar/Rian bisa mengembangkan permainan dengan bola-bola cepat dan datar untuk mengungguli pemain China yang memiliki postur tubuh jangkung.

Meski sempat gagal memastikan kemenangan pada kesemptan “match point” pertama, namun pasangan tersebut dapat memastikan tiket ke final setelah smash Liu membentur net.

“Kami bersyukur dan bangga bisa masuk ke babak final,” kata Fajar.

Ia menyebut, kunci kemenangan pada pertemuan kelima mereka dengan Li/Liu adalah kesiapan dan tampil menekan sejak awal pertandingan. 

“Di gim kedua, kami banyak melakukan kesalahan sendiri. Namun pelatih menginstruksikan agar lebih banyak bola-bola datar dan strategi tersebut berhasil,” kata Rian.

 Atas kemenangan tersebut, Fajar/Rian seakan mampu membalas kekalahan mereka dari Li/Liu yang terjadi tahun ini di Indonesia Master sekaligus memperbaiki rekor pertemuan menjadi dua kemenangan dari lima pertandingan.

Disinggung mengenai potensi terjadinya “all Indonesian final” melawan pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Fajar/Rian mengaku harus tetap optimis.

Pada babak semifinal, Marcus/Kevin akan berhadapan dengan pasangan asal Chinese Taipei Lee Jhe Huei/Lee Yang. Nomor tersebut belum dipertandingkan.

Baca juga: Fajar/Rian siapkan strategi hadapi ganda peringkat dua dunia
Baca juga: Marcus/Kevin melenggang ke semifinal
Baca juga: Tundukkan Malaysia, Fajar/Rian ke semifinal bulutangkis


Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018