Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 68 atlet berkuda dari 19 negara berlaga di babak penyisihan pertama kategori lompat rintang (jumping) perseorangan Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta International Equestrian Park (JIEP), Pulomas, Jakarta, Senin.

Kategori lompat rintang akan memperebutkan dua medali emas untuk nomor perseorangan dan beregu. Untuk nomor beregu lompat rintang, jumlah atlet yang terlibat yaitu 65 atlet dari 17 negara.

Pada babak penyisihan pertama kategori lompat rintang perseorangan, atlet berkuda Arab Saudi menghuni peringkat satu dan dua. Ramzy Hamad Alduhami berada di peringkat satu disusul oleh Khaled Abdulrahman Almobty.

Alduhami dengan kudanya yang bernama Ted mencatatkan waktu 70,14 detik untuk menyelesaikan lintasan lompat rintang dengan 16 rintangan. Atlet berusia 46 tahun tersebut berhasil menyelesaikan lintasan tanpa menjatuhkan batang kayu (pole).

Posisi Alduhami ditempel oleh Almobty dengan kudanya Dessert Storm II yang berada di peringkat dua. Atlet berusia 19 tahun tersebut mampu melompati semua rintangan dengan catatan waktu 70,93 detik.

Sementara posisi tiga dihuni oleh atlet asal Qatar Ali Althani dengan kudanya yang bernama Sirocco yang mampu menyelesaikan lintasan lompat rintang dengan catatan waktu 72,18 detik tanpa menjatuhkan batang kayu.

Atlet Indonesia yang berlaga di babak penyisihan pertama kategori lompat rintang yaitu Raymen Kaunang dengan kudanya yang bernama Conquistador, Yanyan Hadiansah (Bodius), Kurniadi Mustopo (Capri's Pearl), dan Ferry Wahyu Hadiyanto (Faults Free).

Kurniadi berada di peringkat 42 dengan catatan waktu 91,69 detik setelah ditambah penalti empat detik karena menjatuhkan satu batang kayu ketika berlaga.

Ferry Wahyu berada di urutan 46 (94,27 detik) dan Yanyan di urutan 60 (112,91 detik). Sementara Raymen berada di urutan terbawah bersama lima atlet lain karena tidak dapat menyelesaikan lintasan lompat rintang.

Sementara itu, tiga besar babak penyisihan pertama kategori lompat rintang beregu dihuni oleh Arab Saudi di peringkat pertama disusul oleh tim Qatar di peringkat kedua dan Jepang di peringkat ketiga.

Pertandingan akhir untuk kategori lompat rintang beregu rencananya akan digelar pada Selasa (28/8) dan diakhiri dengan penyerahan medali bagi para pemenang. Sementara, babak akhir lompat rintang perseorangan akan diselenggarakan pada Kamis (30/8).

Pewarta: Calvin Basuki
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018