Bekasi (ANTARA News) - Pelatih tim nasional U-23 Uzbekistan Ravshan Khaydarov menyebut kartu merah yang diterima skuatnya di babak tambahan pertama mempengaruhi hasil laga perempatfinal sepak bola putra Asian Games 2018 kontra Korea Selatan, Senin.

Kartu merah diberikan kepada gelandang Ikromjon Alibaev di menit ke-101 babak tambahan pertama, saat laga sedang imbang 3-3, setelah ia menerima kartu kuning kedua.

"Setelah kartu merah itu, ada perubahan dalam permainan yang membuat kami kalah," kata Ravshan setelah laga di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin.

Dia melanjutkan, kehilangan Ikromjon membuat laga menjadi sulit bagi timnya. Apalagi Ikromjon merupakan salah satu pilar lini tengah yang di pertandingan kontra Korsel itu mencetak dua gol.

Karena itulah, meski berusaha mempertahankan skor 3-3 sembari mengintip peluang menang, Uzbekistan tetap tak bisa mengantasi kelimbungan dengan 10 pemain hingga akhirnya mereka kebobolan di menit ke-118 babak tambahan kedua oleh penalti penyerang Hwang Hee Chan yang membuat kedudukan 3-4 untuk kemenangan Korsel.

Keadaan kemudian diperburuk dengan dikeluarkannya seorang pemain Uzbekistan lain yakni Jaloliddin Masharipov di menit 120+4.

Namun, meski kalah dari Korsel dan gagal lolos ke semifinal Asian Games, Ravshan tetap memuji performa anak-anak asuhnya baik di laga itu maupun di keseluruhan pertandingan Asian Games 2018.

"Saya bangga dengan tim saya. Mereka memiliki masa depan yang cerah dan itu baik pula untuk tim nasional senior kami," tutur pelatih yang membawa timnas U-23 Uzbekistan juara Piala U-23 Asia AFC 2018 tersebut.

Tim nasional U-23 Korea Selatan lolos ke semifinal sepak bola putra Asian Games 2018 setelah menaklukkan timnas U-23 Uzbekistan 4-3 di babak perempat final, Senin.

Penyerang Korsel Hwang Ui Jo menorehkan trigol di laga tersebut dengan gol di menit kelima, ke-35 dan ke-75. Hwang Hee Chan melesakkan gol terakhir sekaligus gol kemenangan Korsel melalui titik penalti di menit ke-118.

Sementara gol Uzbekistan ditorehkan oleh Jaloliddin Mashapirov (17') dan Ikromjon Alibaev (53' dan 57').

Baca juga: Korsel ke semifinal setelah taklukkan Uzbekistan 4-3

Baca juga: Korsel-Uzbekistan harus lewati babak tambahan 2x15 menit

Baca juga: Korsel ungguli Uzbekistan 2-1 babak pertama

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018