Gol kemenangan Vietnam dicetak oleh pemain pengganti Van Toan Nguyen di menit 108.
Bekasi (ANTARA News) - Tim nasional U-23 Vietnam berhasil lolos menuju babak semifinal sepak bola putra Asian Games XVIII/2018 seusai memetik gol tunggal kemenangan atas Suriah, Senin malam.

Gol kemenangan Vietnam dicetak oleh pemain pengganti Van Toan Nguyen di menit 108.

Pada bak pertama dan kedua Vietnam ditahan imbang tim nasional U-23 Suriah 0-0 hingga berakhirnya babak pertama perempatfinal , Senin malam.

Tampil di hadapan sekitar 600 supporter Vietnam di Stadion Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Jawa Barat, kedua tim nyaris sama kuat membangun peluang serangan.

Postur tubuh pemain Suriah yang relatif lebih tinggi dan besar dari pemain Vietnam nampak mempengaruhi pergerakan Nguyen Van Quyet dan kolega saat harus berebut bola.

Anak asuh Hang Seo Park nampak sesekali tampil tenang meladeni gempuran lawan, sambil membangun peluang lewat serangan kejut menuju jantung lawan.

Kartu kuning perdana diberikan wasit kepada Manh Do Duy pada menit ke 28 sebagai peringatan untuk tidak mengulangi perbuatannya menarik tubuh lawan.

Peluang bagi Suriah muncul di menit 35 saat umpan lambung dari tengah lapangan luput dari fokus pemain belakang Vietnam.

Namun gerakan bola terlalu jauh dari jangkauan penyerang Suriah,  Barakat, sehingga lebih dulu diselamatkan penjaga gawang Bui Tien Dung yang langsung keluar dari sarangnya.

Selang 6 menit kemudian, tim asuhan Muhannad Alfakeer kembali memperoleh peluang lanjutan saat umpan sayap jatuh tepat di kaki penyerang Albaher di mulut gawang Vietnam, namun sentuhan akhir yang tidak cermat membuat bola meleset dari target.
 
Tiga menit waktu tambahan jelang berakhirnya babak pertama belum mampu dimanfaatkan kedua tim untuk mengubah kedudukan skor yang imbang 0-0.

Usai turun minum, Suriah memberikan tekanan terhadap pertahanan Vietnam dengan menciptakan sedikitnya tiga peluang, namun gagal dikonversi menjadi gol akibat sentuhan akhir yang tidak akurat.

Menyikapi tekanan lawan, pelatih Park memutuskan untuk mengganti peyerang Duc Chinh Ha dengan penyerang andalan, Anh Duc Nguyen di menit 50.

Bahkan sang kapten Van Quyet Nguyen juga turut diganti posisinya dengan penyerang cadangan, Van Duc Phan, di menit 60.

Tekanan balik diberikan Chong Phuong Nguyen dengan melepaskan tendangan bebas pada menit 60, namun berhasil diselamatkan penjaga gawang lawan.

Chong Phuong Nguyen kembali memperoleh peluangnya di menit 71 berkat umpan yang dilontarkan rekannya dari sisi sayap menuju mulut gawang.

Namun hentakan keras saat menahan dada dari pemain nomor punggung 6 itu membuat bola melesat jauh dari jangkauannya.

Suriah kembali mengalami tekanan selang empat menit berikutnya saat Van Hau Doan menyepak keras bola di depan gawang Ahmad Madnya, namun masih meleset di atas mistar.

Kerasnya pertarungan kedua tim membuat Vietnam memperoleh kartu kuning keduanya saat Van Hau Doan menjegal laju lawan tepat dikakinya.

Laga yang menguras stamina kedua tim itu harus berlanjut ke babak tambahan waktu 2x15 menit setelah tiga menit waktu tambahan di babak kedua usai.

Babak tambahan waktu 2x15 menit

Vietnam kembali menerima kartu kuning ketiganya pada menit awal babak tambahan waktu akibat Van Duc Phan diketahui wasit menendang wajah bek Suriah Youssef Alhamwi saat beratraksi salto.

Van Toan Nguyen dan Van Hau Doan kembali membuka peluang gol, namun kiper lawan berhasil menyelamatkan gawang di menit 105.

Adalah pemain pengganti Van Toan Nguyen yang berhasil memecah kebuntuan Vietnam melalui gol perdana pertandingan yang tercipta saat tendangan spekulasi dari luar kotak penalti membentur mistar atas gawang Suriah.

Bola pantul tersebut langsung disambar pemain bernomor punggung 8 itu dengan melesatkan bola keras yang terlambat dihalau penjaga gawang Ahmad Madnya di menit 108. Skor 0-1 untuk keunggulan Vietnam.

Dua peluang gol balasan yang coba digarap Suriah lewat kaki pemain Hannan Zakaria dan Almarmour pada menit akhir pertandingan berhasil diselamatkan oleh Tien Dung Bui.

Sorak sorai pendukung Vietnam menandai berakhirnya pertandingan yang memaksa Suriah harus berkemas kembali ke negaranya.

Berikut daftar pemain kedua tim:

Suriah: Madnya Ahmad (C/GK), Al Shuayb Hussein, Alhamwi Youssef, Busmar Jihad, Ashkar Ahmad, Albaher Mahmood, Anez Mouhammad, Kurdghli Khaled, Barakat Al Rahman, Al Ahmad Ahmad.

Pelatih: Alfakeer Muhannad.

Vietnam: Bui Tien Dung (GK), Do Duy Manh, Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Van Quyet (C), Ha Duc Huy, Vu Van Tanh, Nguyen Quang Hai, Tran Dinh Trong.

Pelatih: Park Hang Seo.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018