counter

Indosat Ooredoo-Cisco kerja sama IoT

Indosat Ooredoo-Cisco kerja sama IoT

Director & Chief Business Officer Indosat Ooredoo Herfini Haryono (dua kanan) bersama Country Managing Director PT Cisco System Indonesia Marina Kacaribu (dua kiri), di Jakarta, Selasa (28/8), menandatangani kerjasama memanfaatkan Internet of Things (IoT) untuk menghadirkan keunggulan kompetitif dengan memberikan layanan koneksi kepada pelanggan. (ANTARA/Ahmad Wijaya)

Kerja sama ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan internet yang lebih luas dan memperkuat IoT penghubung perusahaan yaitu IoT Connect


Jakarta (ANTARA News) - Indosat Ooredo dan Cisco jalin kerja sama layanan "internet of things" atau IoT dan industry 4.0 untuk menghadirkan keunggulan kompetitif dengan memberikan layanan koneksi kepada pelanggan di seluruh Indonesia.

"Kerja sama ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan internet yang lebih luas dan memperkuat IoT penghubung perusahaan yaitu IoT Connect," kata Director and Chief Business Officer Indosat Ooredoo Herfini Haryono kepada pers di Jakarta, Selasa.

Hal tersebut disampaikan usai dirinya menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Cisco yang diwakili Country Managing Director PT Cisco System Indonesia Marina Kacaribu.
 
Dikatakan, kerja sama ini akan menggabungkan jaringan seluler perusahaan dengan platform IoT Cisco sehingga memudahkan pelaku bisnis menghadirkan layanan koneksi baru yang lebih efisien dan efektif.
 
Latar belakang adanya penggunaan IoT tersebut, katanya, juga setelah melihat permintaan yang banyak untuk layanan tersebut di sejumlah industri manufaktur dan industri 4.0.

"Industri lain yang juga banyak menggunakan IoT adalah transportasi dan logistik, 'smart meters', serta smart cities'," kata Herfini.

Dikatakan, perusahaan yang berada di jangkauan jaringan seluler Indonsat Ooredoo akan mendapat manfaat dari pusat kontrol, yang tidak hanya akan menyediakan visibilitas yang mendekati "real time" dan kontrol atas layanan IoT di seluruh Indonesia, tapi juga memiliki skala global untuk memperluas layanan di seluruh dunia.

Marina Kacaribu mengatakan, pihaknya menyambutn baik adanya kerja sama dengan Indosat Ooredoo yang dinilai merupakan perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia.
"Kerja sama ini tentunya diharapkan saling menguntungkan mengingat IoT saat ini sudah menjadi layanan oleh banyak industri," katanya.

IoT akan memberikan manfaat konektivitas teknologi terkemuka yang menyediakan kualitas layanan dan keamanan dengan jangkauan yang lebih luas.

Baca juga: Indosat Ooredoo luncurkan IoT Connect

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: M. Arifin Siga
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar