Jakarta (ANTARA News) - Objek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur mulai dikunjungi sejumlah peserta atau atlet yang mengikuti kegiatan olahraga Asian Games ke-18 tahun 2018.

"Kami sengaja untuk berkunjung ke TMII, karena bagi saya tempat ini bisa melihat wilayah Indonesia keseluruhan," kata Justine Gail Tinio, seorang atlet asal Filipina di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan dirinya ingin melihat seni dan kebudayaan Indonesia, karena mumpung ada kesempatan dapat mengunjungi Indonesia. 

"Indonesia memiliki beragam seni dan kebudayaan. Termasuk juga di TMII ada juga rumah-rumah adat. Jadi Indonesia luar biasa keberagaman budaya. Saya senang bisa melihat pemandangan seperti ini," ujarnya.

Gail Tinio juga kagum dengan keindahan rumah adat, salah satunya dari bangunan rumah adat Bali. Termasuk juga bangunan rumah adat yang ada di seluruh Indonesia. "Jadi saya sangat tepat mengunjungi objek wisata di TMII. Karena di lokasi objek wisata ini seakan-akan saya sudah bisa mengunjungi kepulauan Indonesia keseluruhan, yang memiliki ribuan pulau," ucapnya.
 
Hal senada Abedini Shormasti, atlet asal Iran mengaku senang bisa berkunjung ke objek wisata di Jakarta, salah satunya TMII yang sudah dikenal wisatawan mancanegara.

"Saya sudah selesai bertanding, sehingga selama saya di Jakarta akan memanfaatkan waktunya berlibur ke sejumlah objek wisata. Iya, salah satunya ke TMII," ucapnya.

Ia baru pertama kali mengunjungi Indonesia, dan kesempatan selesai bertanding dimanfaatkan untuk berlibur mengunjungi objek wisata.

"Saya kagum dengan keanekaragaman kebudayaan Indonesia. Selama ini saya mendapatkan informasi dari media. Namun tak disangka saya bisa berkunjung kesini," ucapnya, sembari melihat-lihat rumah adat yang berjejer di TMII.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018