London,28/8 (ANTARA News) - Duta Reggae Indonesia, Ras Muhamad, berduet dengan superstar reggae Jerman, Gentleman, pada Uprising Festival yang dihadiri ribuan penonton di Bratislava, Slowakia, akhir pekan lalu.

Manager Internasional Ras Muhamad, Iyung kepada Antara London, Selasa, menyampaikan bahwa Duta Reggae Indonesia, Ras Muhamad, secara mengejutkan diundang naik panggung untuk berduet dengan Gentleman.

Disambut teriakan dan goyangan ribuan penonton, Gentleman yang bersama asli Otto Tillman itu tampil diiringi the Far-East Band untuk melantunkan nomor-nomor favoritnya antara lain Dem Gone, Intoxication, Celebration, Serenity, Send a prayer, Jah Ina Yuh Life, It no Pretty dan lainnya untuk memuaskan kerinduan penggemarnya.

Tiba-tiba, pada lagu Leave Us Alone, Gentleman meneriakkan nama Ras Muhamad dari Indonesia untuk naik panggung menyanyi bersama. Sembari memberikan pengeras suara, ia merangkul Duta Reggae Indonesia tersebut menapaki panggung besar berbentuk huruf T itu.

Sontak, penonton berteriak dan mengangkat kedua tangan ke atas menyambut Ras Muhamad yang langsung melafalkan syair-syairnya mengikuti irama lagu Leave Us Alone, diiringi gemuruh sambutan penonton.

Menurut Iyung, meski singkat, kesempatan tersebut merupakan keajaiban bagi Ras yang merasa terharu karena berkesempatan berbagi panggung dengan idolanya tersebut.

Iyung menyebutkan Ras Muhamad telah mengikuti kiprah Gentleman selama lebih dari lima belas tahun dan kesempatan yang baru terjadi itu bagaikan sebuah mimpi.

Pada musim panas 2018, Ras Muhamad yang tengah menggarap Album Satrio, melakukan tur Eropa dengan serangkaian pertunjukkan di berbagai festival musik.

Ras Muhamad ditemani Toke, penyanyi reggae kelahiran Indonesia yang menetap di Jerman, berhasil menggoyang Panggung Utama UpRising Festival sepanjang 60 menit diiringi Budapest Riddim Band.

Baca juga: Duta reggae angkat budaya nusantara dalam video klip terbaru

Meskipun hari masih sore namun, Ras menyedot ribuan audience untuk memenuhi lapangan di depan panggung utama. Beberapa penonton mengungkapkan mereka telah mengenal dan mengikuti kiprah Artis asal Indonesia tersebut beberapa tahun lalu, dan senang bisa menyaksikan secara langsung di sore hari itu.

UpRising merupakan Festival Reggae bergengsi yang dinanti-nanti warga Slovakia dan warga negara tetangga Eropa lainnya. Tahun ini berhasil mendatangkan nama-nama artis Reggae dunia seperti Julian Marley, Gentleman, Inner Circle, Mellow Mood, Derrick Morgan dan lainnya.

Jadwal Ras Muhamad pun cukup padat, setelah aksi panggungnya di SummerJam Festival, Koln Jerman, awal Juli lalu, ia juga meramaikan panggung reggae seperti Cegled ReggaeCamp, Hongaria, ReggaeJam di kota Bersenbruck Jerman, serta diiringi The Next Generation Band menggoyang panggung One Race Human Festival di kota Afschaffenburg, Jerman.

Ras Muhamad merupakan musisi Reggae Indonesia yang go-international secara indie. "Salam" merupakan album internasionalnya yang dilabeli Oneness Record Munchen, Jerman. Rencananya Ras Muhamad akan meluncurkan Album Satrio, dengan label yang sama di Eropa pada awal tahun 2019.

Baca juga: Duta reggae Indonesia berbagi panggung dengan anak Bob Marley

(T.H-ZG/A069)

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2018