Jakarta (ANTARA News) - Pedagang yang berdagang di area Gelora Bung Karno, Jakarta pada Asian Games menyebut makanan gendu durian menjadi favorit para atlet terutama dari Korea, Jepang dan China.

Lewat siaran pers Asian Games 2018 pada Selasa,  salah satu penjaja kuliner Fransisca Yunisa yang menjual berbagai macam makanan Indonesia mengatakan para atlet asing sering datang ketempatnya memesan gendu durian.

"Gendu durian paling sering diborong orang Korea dan Hong Kong. Makanan ini sebenarnya camilan khas Blora, mirip seperti lempok tetapi bentuknya kukis," kata dia.

Selain para atlet, para wartawan  dari Lebanon dan Filipina juga menyukai menu yang sama. Selain menjual gendu durian dia juga menjual nasi gudeg, nasi kuning dan lauk pauk seperti tempe, tahu bacem, ayam bakar dan sayur pepaya.

Dia mengatakan biasanya dia berjualan mulai puku 07.00 WIB, dan siang hari dagangannya sudah ludes. Menurut dia, dalam sehari dia dapat meraup uang sekitar Rp2 juta.

Pedagang lain Arneli yang menjual makanan Padang mengatakan pengunjung asing sangat menyukai cita rasa kuliner Padang.

"Mereka suka makanan yang berempah, tetapi mereka tidak skua yang terlalu pedas dan bersantan seperti lontong," kata dia.

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018