Jakarta (ANTARA News) - Gambar Mobil Alfabet yang dibuat Xylone Margareth Andariska, anak berusia 7 tahun dari Surabaya, Jawa Timur, berhasil menang pada ajang lomba gambar internasional Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) di Jepang. 

Gadis cilik itu menjadi wakil Indonesia pada TDAC di Tokyo, Jepang, Rabu, yang diikuti oleh hampir 650.000 peserta dari 72 negara.

Xylone berhasil memperoleh medali emas dan mendapatkan penghargaan tertinggi, Engineering Award, sehingga gambar mobil impian masa depannya itu dibuatkan miniatur dioramanya oleh tim insinyur dari Toyota Japan.

Wakil Presdir Didier Leroy, Vice President Toyota Motor Corporation Japan, yang langsung memberikan penghargaan tersebut mengatakan karya anak-anak pada TDCAC 2018 lebih membumi dan memiliki nilai emosional dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 

Selain Mobil Alfabet, ada mobil impian berupa mobil kesehatan, mobil bantu orang tua, dan mobil pendidikan. 

“Mobil dari (anak) Indonesia,  kami rasa memiliki ide yang orisinal dan dekat dengan kehidupan sehari hari dan membumi. Karyanya bahkan menginspirasi untuk utilisasi mobil konsep Toyota e-pallete,” kata Didier dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Ia bahkan mengatakan ingin Mobil Alfabet itu ada di kehidupan sehari-hari, sehingga orang-orang mempunyai kemudahan akses dalam belajar membaca. 

“Saya yakin bahwa kemampuan membaca dan menulis akan membuka jalan di semua aspek kehidupan dan memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik,” ujarnya mengutip dari deskripsi gambar Xylone.
 
Wakil Presdir PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto ikut gembira dan apresiasi terhadap daya imajinasi dan kreativitas Xylone yang terlibat dalam ajang TDCAC 2018.
 
“Selamat kepada ananda Xylone yang berhasil mengharumkan Indonesia di tingkat global. Semoga prestasi ini juga dapat memicu anak-anak Indonesia lainnya untuk mengembangkan bakat seni sekaligus kepedulian terhadap masalah di sekitarnya,” ujarnya.

Inspirasi karya Xylone tentang Mobil Alfabet, berawal dari keinginan membantu adiknya yang kesulitan belajar membaca. Dari situ Xylone memiliki ide mobil masa depan yang bisa berkeliling untuk mengajarkan anak-anak membaca. Uniknya desain mobil tersebut berbentuk huruf-huruf alfabet. Ada mobil yang berbentuk huruf A, huruf B, C dan seterusnya.

Sebelum memenangkan penghargaan di tingkat global ini, Xylone harus melalui dua tahapan seleksi penyaringan pada ajang Local Contest di Indonesia dan World Contest TDCAC di Jepang.

“Toyota berharap di masa depan akan semakin banyak anak-anak Indonesia, yang ikut berpartisipasi dalam lomba TDCAC sehingga dapat mewadahi generasi muda mengembangkan bakat seni dengan mendorong kreativitas mereka melalui proses menggambar mobil impiannya,” kata Henry

Baca juga: "Alphabet Car" wakili Indonesia pada kontes gambar mobil impian di Jepang
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018