Jakarta (ANTARA News) - Seorang anak Indonesia bernama Xylone Margareth Andariska, menjuarai lomba gambar mobil impian masa depan di Jepang.

Gadis berusia 7 tahun asal Surabaya itu menyabet juara pertama pada kontes gambar Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) di Tokyo, Rabu, yang diikuti hampir 650.000 peserta dari 72 negara.

Karya Xylone yang berjudul "Mobil Alfabet” memperoleh medali emas dan mendapatkan penghargaan tertinggi yaitu Engineering Award, serta karyanya dijadikan miniatur diorama oleh tim engineer dari Toyota Jepang.

Ide gambar itu bermula saat Xylone ingin membantu adiknya yang kesulitan belajar membaca. Xylone kemudian menggagas mobil masa depan yang bisa berkeliling untuk mengajarkan anak-anak membaca.

Uniknya, mobil tersebut berdesain bentuk huruf-huruf alfabet, antara lain mobil berbentuk huruf A, huruf B, C dan seterusnya.

"Karya tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena tahun ini karya anak-anak lebih membumi dan memiliki nilai emosional seperti mobil kesehatan, mobil membantu orang tua, dan mobil pendidikan," kata Vice President Toyota Motor Corporation Japan, Didier Leroy, dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Baca juga: "Alphabet Car" wakili Indonesia pada kontes gambar mobil impian di Jepang

"Mobil dari Indonesia, kami rasa memiliki ide yang orisinal dan dekat dengan kehidupan sehari hari dan membumi, karyanya bahkan menginspirasi untuk utilisasi mobil konsep Toyota e-pallete", tambah dia.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, mengapresiasi daya imajinasi dan kreativitas Xylone yang terlibat dalam ajang TDCAC 2018.

"Selamat kepada ananda Xylone yang berhasil mengharumkan Indonesia di tingkat global. Semoga prestasi ini juga dapat memicu anak-anak Indonesia lainnya untuk mengembangkan bakat seni sekaligus kepedulian terhadap masalah di sekitarnya,” ujar Henry.

Henry melanjutkan, Toyota berharap di masa depan akan semakin banyak anak-anak Indonesia yang berpartisipasi dalam TDCAC sehingga dapat mewadahi generasi muda mengembangkan bakat seni dengan mendorong kreativitas mereka melalui proses menggambar mobil impiannya.

Sebelum memenangkan penghargaan di tingkat global ini, Xylone harus melalui dua tahapan seleksi penyaringan pada ajang Local Contest di Indonesia dan World Contest TDCAC di Jepang.

Pada ajang Local Contest di Indonesia, Toyota Indonesia memilih 9 pemenang untuk 3 kategori usia, yaitu 3 pemenang untuk usia di bawah 8 tahun, 3 pemenang di usia 8—11 tahun, dan 3 pemenang di usia 12—15 tahun.

Xylone merupakan pemenang pertama di kategori usia di bawah 8 tahun dan juga terpilih sebagai Finalist Global Award TDCAC menyisihkan 10.805 peserta lainnya.
Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018