Jakarta (ANTARA News) - Para personel boy group Bangtan Sonyeondan (BTS) berkisah mengenai lagu solo mereka dalam album terbaru "Love Yourself: Answer". Album ini beberapa waktu mereka rilis ke tengah-tengah para penikmat musik K-pop. 

Melalui siaran V Live berjudul "Bangtan News: di balik Answer" pada Rabu (29/8), maknae BTS, Jungkook memulai obrolan. Dia berujar seri album terakhir "Love Yourself" akhirnya mencapai final. Pembuatan seri album dimulai pada Maret 2016 dan grupnya bisa menyelesaikan semuanya setelah dua tahun lima bulan. 

"Aku merasa bangga dan sedih. Kami semua mencoba yang terbaik, jadi kupikir kami membuat album yang bermakna. Saya harap ARMY--sebutan penggemar BTS, merasakan hal yang sama tentang album ini," tutur Jungkook. 

Di sisi lain, J-Hope mengungkapkan makna lagu solonya "Trivia: Just Dance". Dia mengatakan lagu ini lagu ceria. 

"Ini lagu yang ceria. Aku memaknai bahwa apa pun yang dikatakan orang lain, aku adalah diriku dan aku mencintai diriku sendiri," tutur dia seperti dilansir Soompi. 

Sementara itu, Jimin bertanya pada Jin soal lagu solo miliknya, "Epiphany". Dia bertanya kapan personel tertua di BTS itu berlatih piano, karena selama ini dia tak pernah melihat Jin bermain piano. 

Jin mengungkapkan bahwa dia belajar piano pertama kalinya untuk konser sambil berlatih dengan salah satu komposer agensi. Ini untuk keperluan konser BTS bertajuk "Love Yourself” di Seoul Olympic Stadium pada 25 dan 26 Agustus lalu. 

"Aku merekam video latihan piano. Aku mulai berlatih dua hingga tiga minggu sebelum konser. Aku tidak bisa berpura-pura bermain piano di depan para penggemar," kata Jin. 

Berbicara mengenai lagu solonya, "Serendipity," Jimin berkata sambil tersenyum, bahwa lirik dan empsi lagu itu terasa segar. Lagu ini sebenarnya sudah dirilis pada seri album Love Yourself sebelumnya, "Love Yourself: Her". 

"Sangat menawan dan manis. Aku harap kalian akan mendengarkannya ketika Anda memikirkanku," ujar Jimin. 

Sang leader, RM melanjutkan. Dia mengaku memasukkan keindahan bahasa Korea dalam lagu solonya "Trivia: Love." 

"Aku memasukkan keindahan bahasa Korea, dan itu adalah lagu untuk penggemar. Aku pikir akan menyenangkan jika semua orang bernyanyi bersama," kata dia. 

V berkata, “Aku bertanya-tanya apakah "Singularity" adalah lagu paling dramatis dari semua lagu solo para personel. Aku melakukan pertunjukan solo. Apakah itu terlihat keren? ” tutur dia melanjutkan perbincangan. 

Terakhir, Suga yang menjelaskan soal lagu solonya, "Trivia: Seesaw". Dia mengaku menunjukkan sebagian dari dirinya yang selama ini dia sembunyikan. 

"Setelah album dirilis, banyak orang bereaksi dengan mengatakan, "Dia pandai bernyanyi".' Di konser, orang-orang berkata, "Dia bisa menari". Aku menulisnya sambil berpikir untuk membuatnya ("Trivia: Seesaw") menjadi nomor 1 di tangga musik," kata Suga. 

Baca juga: BTS gandeng Nicki Minaj untuk versi lain lagu "IDOL"

Baca juga: BTS kalahkan rekor Taylor Swift di YouTube

Baca juga: BTS padukan irama K-pop dengan musik dansa Afrika Selatan

Baca juga: Daftar lagu dalam album terbaru BTS

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018