konser amal untuk NTB malam itu berhasil mengumpulkan donasi Rp16.57 miliar
Jakarta  (ANTARA News) - Gitar Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri laku Rp1 miliar pada acara Konser Amal untuk Lombok, Nusa Tenggara Barat yang digelar oleh sebuah stasiun TV swasta pada Rabu malam, 29 Agustus 2018.

Pada siaran pers yang diterima Antara, Kamis disebutkan, awalnya gitar akustik itu dibuka dengan penawaran awal Rp100 juta. Kemudian Hanif berinisiatif agar seluruh personel Elek Yo Band, yang anggotanya terdiri dari menteri-menteri Kabinet Kerja membubuhkan tanda tangan pada gitar tersebut.

"Jika ada tanda tangan seluruh personel, semoga harganya menjadi mahal," kata Hanif setengah berseloroh.

Adapun menteri yang ikut menandatangani gitar tersebut adalah Menteri Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan Koordinator Staff Khusus Presiden Teten Masduki serta Menaker M.Hanif Dhakiri.

Pada penawaran awal, ada peserta lelang berani dengan penawaran Rp100 juta, lalu ada yang berani Rp150 juta. Menjelang lelang ditutup, tiba tiba Jonathan Tahir, Co-chair Mayapada Foundation mengangkat tangan dan berani dengan penawaran Rp1 miliar.

Hanif pun kaget mendengar penawaran tersebut dan merasa tak percaya gitar itu ditawar dengan harga tinggi.

"Alhamdulillah, gitar itu bisa membantu korban gempa NTB. Semoga memberi barokah," kata dia.

Dalam acara tersebut Elek Yo Band menampilkan empat lagu yaitu Sekuntum Mawar Merah (Rhoma Irama), Kutak Bisa (Slank) Rumah Kita (God Bless) dan Don't Forget to Remember (Bee Gaes). Penampilan keempat lagu tersebut laku dengan lelang Rp10 miliar yang dimenangkan secara gabungan antara Grab, Intiland, Bank Panin, Mayapada dan Hanson.

Sejumlah menteri juga melelang barang koleksinya. Menteri Retno melelang vas bunga yang dibeli dengan harga Rp150 juta, Menteri Budi Karya melelang kain tenun khas NTB yang dibeli Rp150 juta dan Menteri Puan melelang jaket Asian Games dibeli dengan harga Rp200 juta.

Acara konser amal untuk NTB malam itu berhasil mengumpulkan donasi Rp16.575.886.044. Angka tersebut termasuk seluruh perolehan iklan acara yang semuanya diperuntukkan bagi penangan gempa NTB.

 Baca juga: Lelang gitar Menhub untuk korban gempa Lombok
Baca juga: Kaos Asian Games 2018 Jonatan Christie laku Rp400 juta
 

Pewarta: Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018