Marty: ASEAN semakin dibutuhkan di tengah tantangan global

Marty: ASEAN semakin dibutuhkan di tengah tantangan global

Marty M. Natalegawa (ANTARA FOTO/Kemenlu-Suwandy)


Jakarta (ANTARA News) -  ASEAN sebagai organisasi regional semakin dibutuhkan oleh negara-negara anggotanya di tengah situasi dunia yang banyak diwarnai dengan tantangan global, kata mantan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Pernyataan tersebut disampaikan Marty Natalegawa dalam acara bedah buku yang ia tulis dengan judul "Does ASEAN Matter? A View from Within" di Jakarta, Kamis.

"Kita semakin butuh ASEAN di tengah dunia yang semakin penuh dengan tantangan dan masalah global," ujar Marty.

Menurut dia, ASEAN ada sebagai organisasi regional di Asia Tenggara, ketegangan dan konflik cenderung terjadi di antara negara-negara di kawasan tersebut.

"Asia Tenggara tanpa ASEAN akan diwarnai konflik dan masalah antarnegara di kawasan," kata Marty.

Dia mengatakan ASEAN dan kesepuluh negara anggotanya dalam lima dekade telah mampu mengatasi bersama konflik, masalah, dan perbedaan antarnegara di kawasan melalui berbagai forum dan mekanisme.

"Maka Asia Tenggara tanpa ASEAN akan menjadi suatu kawasan yang penuh dengan ketegangan," ucapnya.

Marty menambahkan, ASEAN dalam lima dekade terakhir pun telah memberikan kontribusi yang transformatif antarsesama negara ASEAN, tidak hanya dalam segi ekonomi, tetapi juga sosial dan politik.

"Kalau tidak ada ASEAN, Asia Tenggara akan menjadi kawasan dengan negara-negara yang sulit berkembang dan terus tertinggal. ASEAN telah menciptakan suatu kawasan yang stabil dan damai," ujarnya.

Editor: Tia Mutiasari

Pewarta:
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar