Depok, Jawa Barat (ANTARA News) - Universitas Indonesia (UI) meluluskan 8.177 wisudawan dari program pendidikan diploma/vokasi, sarjana hingga doktoral semester genap tahun akademik 2017/2018 dan 2.430 di antaranya lulus dengan predikat cum laude atau dengan pujian.

"Untuk mahasiswa baru yang hadir mengiringi upacara wisuda berjumlah 7.558 orang," kata Rektor UI Prof Muhammad Anis dalam sambutannya pada acara wisuda lulusan UI di Balairung kampus UI Depok, Jumat.

Rektor memimpin upacara wisuda program pendidikan diploma/vokasi, sarjana hingga doktoral semester genap tahun akademik 2017/2018 sekaligus menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 pada Jumat dan Sabtu, 31 Agustus - 1 September 2018.

Dalam upacara wisuda program sarjana reguler dan sarjana kelas internasional, UI melepas 2.816 lulusan sarjana yang terdiri atas 2.647 lulusan program sarjana reguler dan 169 wisudawan sarjana kelas internasional.

Di program sarjana reguler, ada 955 wisudawan yang mendapatkan predikat cum laude dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi diraih oleh Jason Kristiano dari Program Studi fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan Owen dari program studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Masing-masing meraih IPK 3,96.

Sementara pada program sarjana kelas internasional, ada 24 wisudawan yang meraih predikat cum laude. IPK tertinggi (3,9) diraih oleh Yoan Annisa Ravaie, Kristal Amalia, dan Vicky Andryanda Pratama dari program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Jason, yang menyelesaikan studi dalam tiga tahun dan meraih predikat cum laude, juga berprestasi dalam lomba-lomba Fisika.

Ia telah berkali-kali memenangi kejuaraan Fisika, baik di tingkat nasional maupun internasional, termasuk menjadi juara pertama Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015 Bidang Teori Fisika.

Dalam perlombaan tersebut, ia mengemukakan prinsip kerja konversi energi cahaya matahari agar berguna bagi masyarakat dengan langkah efisiensi maksimum melalui silikon murni. Hasil penelitiannya juga berhasil masuk ke jurnal internasional terkemuka dalam bidang Fisika.

Baca juga:
UI kampus penghasil lulusan terbaik di Indonesia

Jokowi ucapkan terima kasih lulusan UI banyak jadi menteri
 

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018