Jakarta (ANTARA News) - Mata adalah bagian yang paling penting di antara indera lainnya, karena 80 persen pemahaman seseorang diperoleh melalui mata, oleh karena itu, mata pun membutuhkan perhatian ekstra.

Namun tanpa disadari, kebiasan sehari-hari ternyata bisa merusak kesehatan mata. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan kecil yang dapat mempengaruhi kesehatan mata seperti dilansir Boldsky, Jumat.

1. Merokok
Merokok dapat meningkatkan risiko katarak, mengaburkan lensa mata yang membuat sulit untuk melihat dan degenerasi makula. Masalah mata lain yang berhubungan dengan merokok adalah glaukoma, sindrom mata kering, mata malas, konjungtivitis, kerusakan saraf optik dan retinopati diabetes.

Baca juga: Tips agar mata tidak tegang

2. Bermain gadget di malam hari
Banyak orang yang merasa tidak nyaman ketika menatap layar elektronik untuk waktu yang lama. Hal ini biasa disebut dengan istilah digital eye strain. Penggunaan gadget atau perangkat elektronik lain akan membuat seseorang terpapar cahaya biru dari layar. Ini akan membuat sulit tidur.

3. Jarang makan sayur
Rajin makan sayur akan meningkatkan kesehatan mata. Sayuran mengandung antioksidan dan vitamin penting yang memiliki efek perlindungan pada retina mata. Buah-buahan pun demikian, karena mengandung nutrisi seperti vitamin C, vitamin E, seng, vitamin A dan lainnya yang dapat menjaga kesehatan mata.

4. Mengucek mata
Saat ada benda asing masuk ke mata, secara otomatis seseorang akan segera menguceknya. Untuk sementara waktu memang lebih baik, tapi jika mengucek dengan keras dapat menyebabkan goresan dan distorsi kornea. Kornea sangat sensitif dan mudah tergores dengan mudah.

Baca juga: 7 cara lindungi mata dari bahaya cahaya biru ponsel

5. Kurang tidur
Kurang tidur dapat merusak mata. Insomnia dapat mencegah mata memperoleh sirkulasi cairan yang dibutuhkan. Ini akan menyebabkan pembengkakan pada mata. Kurang tidur juga menyebabkan kedutan mata, pembuluh mata yang muncul dan kondisi langka yang disebut Anterior Ischemic Optic Neuropathy (AION). 

6. Pemakaian kosmetik yang tidak tepat
Penggunaan kosmetik seperti maskara, eyeliner, eye shadow dan krim mata yang tidak tepat dapat merusak mata. Misalnya, penggunaannya terlalu dekat di bulu mata dapat menghalangi kelenjar minyak sehingga menyebabkan gatal dan infeksi. Produk kaduluarsa lebih buruk karena dapat menyebabkan iritasi, kekeringan mata dan kondisi mata lain seperti konjungtivitis.

Pemeriksaan mata secara rutin sangatlah penting, setidaknya setiap enam bulan sekali untuk melihat apakah ada kerusakan progresif atau tidak.

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018