Jakarta (ANTARA News) -  Tim putra Chinese Taipei merebut medali perunggu cabang olahraga voli putra setelah mengalahkan Qatar 3-1 (25-22, 25-23, 17-25, 25-16) dalam pertandingan perebutan peringkat tiga yang berlangsung di Tennis Indoor, GBK, Jakarta, Sabtu.

Chinese Taipei, yang kalah tipis dalam laga semifinal melawan Korea Selatan, terlihat masih semangat untuk menjalani laga ini, melalui berbagai kombinasi serangan.

Tidak mengherankan apabila Chinese Taipei mampu merepotkan barisan pertahanan Qatar yang dikoordinir kapten Ibrahim sejak awal set pertama.

Meski sempat tertinggal hingga 11-15, Chinese Taipei tidak panik dan mampu bertahan dengan baik, sambil sesekali melancarkan serangan yang mengagetkan Qatar.

Tim asuhan Chen Yuan mulai menyusul perolehan angka Qatar, hingga akhirnya memimpin 21-19, melalui spike kapten Chien-Chen Chen.
Chinese Taipei yang tidak mau membuang momentum, tidak lagi terkejar oleh tim asuhan Camilo Soto, dan meraih set pertama 25-22.

Pada awal set kedua, Chinese Taipei mulai meninggalkan perolehan angka Qatar dan langsung unggul 8-4 melalui spike Chien-Chen Chen yang gagal diblok.

Qatar yang bisa mengimbangi permainan Chinese Taipei mulai menyamakan kedudukan 10-10, serta sempat unggul 14-13 berkat spike pemain naturalisasi Renan Ribeiro.

Namun, permainan inspirasional dari kapten Chien-Chen Chen dan blok rapat Huang-Chien Feng tetap memastikan keunggulan sementara Chinese Taipei 18-15.

Setelah itu, Liu Hong-Jie dan kawan-kawan tidak membiarkan Qatar untuk mengejar dan menutup set kedua dengan kemenangan 25-23.

Tim asuhan Camilo Soto asal Argentina yang tertinggal di dua set awal, mulai bangkit di awal set ketiga, dan memimpin 10-8.

Berbagai kombinasi serangan maupun blok pertahanan Saad Sulaiman dan kawan-kawan mulai merepotkan Chinese Taipei yang ingin segera memastikan perolehan perunggu.

Meski Liu Hung-Min dan kawan-kawan berupaya untuk mengejar angka, permainan Qatar yang lebih rapi dalam periode ini, memastikan keunggulan 25-17 di set ketiga.

Berkat mental yang sudah teruji selama menjalani turnamen ini, Chinese Taipei tidak lengah dan mampu kembali menyusun kekuatan pada awal set keempat.

Strategi pelatih Chen Yuan untuk langsung menyerang membuat kewalahan barisan pertahanan Qatar dan menjadikan Chinese Taipei unggul sementara 12-10.

Chinese Taipei langsung unggul jauh 22-14 setelah berkali-kali serangan Huang Chien-Feng dan kawan-kawan menemukan celah di barisan pertahanan Qatar yang lowong.

Chinese Taipei dipastikan merebut perunggu, setelah merebut set keempat 25-16, melalui spike Liu Hung-Min yang gagal diblok oleh Belal Abunabot.

Tercatat sebagai bintang dalam pertandingan ini adalah Wu Tsung-Hsuan yang mencatatkan 14 spike, Liu Hung-Min yang membuat 12 spike dan Chien-Chen Chen dengan 11 spike.


Baca juga: Sri Lanka kalahkan Vietnam rebut peringkat 13 voli putra
Baca juga: Jadwal pertandingan bola voli putra Sabtu (1/9)
Baca juga: Target tim bola voli China tinggal selangkah meraih emas

Pewarta: Satyagraha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018