Sektor pariwisata Bangka Belitung sangat potensial, salah satunya Tanjung Kelayang di Pulau Belitung yang dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus melalui PP Nomor 6 2016 dan menjadi salah satu dari 10 destinasi prioritas nasional
Pangkalpinang (ANTARA News) - Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menyepakati strategi mendorong pengembangan pariwisata Bangka Belitung bersama pemerintah daerah setempat sebagai sumber pertumbuhan ekonomi dan penerimaan devisa secara nasional.

"Sektor pariwisata Bangka Belitung sangat potensial, salah satunya Tanjung Kelayang di Pulau Belitung yang dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus melalui PP Nomor 6 2016 dan menjadi salah satu dari 10 destinasi prioritas nasional, karena itulah kami mendorong pengembangan pariwisata Babel," kata Dody Budi Waluyo, di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan, berdasarkan data yang diterima pada 2017 kunjungan wisman di Babel baru 9.358 orang dari total wisatawan 390.000, dengan perkiraan devisa Rp56,31 miliar. Dan pada 2023 mendatang, kunjungan wisman ditargetkan mencapai 242.785 orang atau 20 persen dari target total wisatawan ke Belitung, dengan perkiraan devisa mencapai Rp 1.68 triliun.

Pengembangan KEK Tanjung Kelayang direncanakan menjadi kawasan terintegrasi dengan rencana pembangunan ke depan meliputi beberapa hotel berbintang, pembangunan residential, retail dan commercial area, pembangunan marina, serta infrastruktur penambahan landasan pacu bandara.

Oleh karena itu, pemerintah dan Bank Indonesia menyepakati ?strategi untuk mendorong pariwisata sebagai sumber pertumbuhan ekonomi dan penerimaan devisa yang antara lain mencakup, penetapan strategi pencapaian kinerja pariwisata melalui peningkatan aksesibilitas, keragaman atraksi, kualitas amenitas, didukung oleh penguatan promosi, dan peningkatan kapasitas pelaku pariwisata (3A2P).

Penguatan data dan informasi pariwisata melalui penetapan nomenklatur klasifikasi jenis usaha yang termasuk dalam bidang pariwisata sebagai dasar perumusan kebijakan, serta peningkatan kualitas survei profil wisatawan mancanegara untuk mengetahui pola perjalanan, pengeluaran dan umpan balik dari hasil kunjungan ke destinasi wisata.

Peningkatan akses pembiayaan bagi kegiatan usaha di sektor pariwisata melalui penetapan ketentuan umum penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk usaha pariwisata yang didukung sosialisasi mekanisme penyalurannya.

"Upaya ini akan kita dukung bersama dan kita sinergikan dengan kebijakan lainnya untuk semakin meningkatkan investasi dan kinerja sektor pariwisata di Bangka Belitung," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2018