Palembang (ANTARA News) - Tim Korea Selatan dan Jepang menambah perbendaharaan medali emasnya dari cabang olahraga soft tenis, usai pada partai final nomor beregu yang dihelat di Lapangan Tenis Jakabaring, Palembang, Sabtu, memiliki hasil yang positif.

Korea Selatan menjadi kampiun beregu putra usai pada semifinal mengalahkan tim tuan rumah Indonesia dengan skor 2-0 dan di partai final yang mempertemukan Negeri Ginseng tersebut dengan Jepang, Korea Selatan mampu memastikam medali emas beregu putra jatuh ke tangan mereka usai memenangkan pertarungan 2-0.

Sementara Jepang, menjadi kampiun beregu putri usai di semifinal menumbangkan China dengan skor 2-0 dan memenangkan pertarungan sengit melawan Korea Selatan di partai puncak dengan skor 2-1.

Di pertandingan semifinal pertama beregu putra, Korea Selatan yang menurunkan pasangan Kim Donghoon/Kim Beomjun mampu mendominasi permainan kala bertemu pasangan tuan rumah Prima Simpatiaji/Irfandi Hendrawan yang tanpa sekalipun diberi satu gim-pun. Akhirnya pasangan Korea Selatan menang dengan skor 5-0.

Di partai semifinal kedua, Korea Selatan yang menurunkan Kim Jinwoong menghadapi ujian cukup berat melawan andalan tuan rumah Alexander Elbert Sie, hingga harus memainkan pertarungan delapan gim. Namun wakil Indonesia akhirnya harus menyerah setelah bertarung selama 35 menit dengan skor 4-2, hingga membuat Korea Selatan berhasil melaju ke final.

Di partai final melawan Jepang, tim putra Korea Selatan yang kembali menurunkan Kim Donghoon/Kim Beomjun, mampu keluar dari tekanan pasangan Jepang Marunaka Taimei/Nagae Koichi -yang alot di empat gim awal-, dan mengunci kemenangan dengan skor 5-2.

Hanya butuh satu kemenangan lagi, Kim Jinwoong akhirnya memastikan medali emas Korea Selatan usai mampu menaklukan perlawanan keras Funemizu Hayato dan menutup pertandingan dengan skor 4-2.

Putri

Sementara di partai semifinal beregu putri pertamanya, Jepang yang menurunkan pasangan Hayashida Riko/Kuroki Rurika menyudahi perlawanan kuat pasangan Chinese Taipei Chan Chiahshin/Kuo Chienchi dengan skor akhir 5-2.

Di semifinal kedua, pemain soft tenis tunggal putri Jepang Onoue Kurumi, mampu keluar dari tekanan peraih perak Asian Games 2018 Cheng Chuling, dan mengamankan pertandingan ini dengan skor telak 4-0.

Di partai final, Jepang nampak mendapat lawan sepadan yakni Korea Selatan. Menghadapi Korea Selatan, Jepang melakukan rotasi pemain dengan menempatkan ganda kedua sebagai pembuka laga.

Hangai Misaki/Takahashi Noa tak menyiakan keempatan tersebut dengan mengunci kemenangan di partai pertama melawan pasangan Korea Selatan Baek Seol/Mun Hyegyeong dalam sembilan gim yang berkesudahan dengan skor tipis 5-4.

Partai kedua, Korea Selatan yang menurunkan Kim Jiyeon mampu menyamakan kedudukan usai dia berhasil mendominasi permainan memanfaatkan kemampuan yang ditunjang dengan perawakannya yang lebih besar dibanding wakil Jepang Onoue Kurumi dan menyudahi pertandingan dengan skor 4-0.

Jepang akhirnya mengunci kemenangan usai pasangan mereka Hayashida Riko/Kuroki Rurika mampu membungkam duet Korea Selatan Kim Younghai/Yoo Yeseul dengan skor 5-2.

Dengan hasil di beregu ini sendiri, baik Korea Selatan dan Jepang, sama-sama menjadi yang dominan dalam Asian Games 2018 ini dengan sama-sama mengumpulkan dua emas.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018