Jakarta (ANTARA News) Dukungan penonton yang berseru keras saat akan melakukan loncat indah mengganggu Wang Han sehingga ia tidak dapat melakukan loncatan seperti yang diinginkannya dalam  final Asian Games 2018 di Stadion Akuatik, Jakarta, Sabtu malam.

Wang Han yang meraih medali perak untuk nomor tiga meter itu mengatakan saat akan melakukan loncatan kedua, ia melihat dua penonton warga China yang sangat bersemangat memberi dukungan.

"Mungkin penonton itu tidak tahu mereka harus diam selama kompetisi loncat indah. Mereka berdua berseru kencang dan bersorak," ucap atlet berusia 27 tahun itu usai perlombaan.

Baca juga: Peloncat indah China Si Yajie pertahankan gelar

Ia mengaku secara mental sempat terganggu karena saat menunggu penonton tersebut diam, ia melihat juri mengatakan sesuatu, tetapi tidak mendengarnya sehingga ia ragu untuk meloncat atau tidak.

Menunggu penonton diam pun mengakibatkan kakinya mulai lemah karena berdiri terlalu lama sehingga hasil loncatan tidak sesuai yang diinginkannya.

"Untuk nomor tiga meter, semua aspek harus sempurna untuk meraih total poin 400," kata Wang yang mendapat total poin 383,40 itu dalam final.

Atlet dengan tinggi 163 cm itu berharap dapat mewujudkan ambisinya memperoleh total poin di atas 400 pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020.

Selain berlatih dengan lebih keras, ia akan berusaha menjaga kondisi tubuhnya karena setiap tahun staminanya dirasa semakin menurun.

Baca juga: China dominasi final loncat indah

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2018