Jakarta (ANTARA News) - Mini album Liam Payne dianggap terburu-buru dan gagal di pasaran, sebab, single-nya saja tidak berhasil masuk di tangga lagu Inggris.

Personel One Direction itu, awalnya akan merilis album bulan depan. Namun terpaksa ditunda lantaran dia putus dengan penyanyi pop Inggris Cheryl Cole. Akhirnya, Liam mengeluarkan mini album atau EP yang berisi empat lagu pada 24 Agustus lalu sebagai gantinya.

Baca juga: Liam Payne jelaskan tunda perilisan album solo

Baca juga: Liam One Direction sebut musik solo Harry bukan tipenya


Namun, mini album tersebut dianggap tidak memenuhi syarat untuk chart album Inggris. Lalu single "First Time" yang duet dengan French Montana serta tiga lagu lainnya, tidak berhasil masuk ke Top 40 pertengahan pekan yang disusun oleh Offical Charts Compony. Situasi ini pun membuat para eksekutif di Republic Records khawatir.

"Ketika Liam merilis single solo pertamanya, "Strip That Down" musim panas lalu, reaksinya besar dan berhasil masuk posisi tiga. Tapi maju 12 bulan dan orang sudah kehilangan minat. Penggemar juga mengeluh musik di EP-nya terlalu auto-tuned dan itu tidak cukup untuk membuat orang tertarik," ungkap seorang sumber sebagaimana laporan The Sun, Minggu.

Masih menurut sumber tersebut, kurang suksesnya "First Time" memicu ketakutan bahwa album Liam tidak akan sesukses milik teman-temannya seperti Harry Styles dan Zayn Malik, ketika keduanya menduduki puncak tangga album Inggris.

"Para bos masih berharap jika "First Time" naik peringkat chart dalam beberapa minggu ke depan. Tetapi itu bukan awal yang baik dan telah membuat mereka tidak yakin ke arah mana album itu akan turun," tambah sumber itu.

Baca juga: Video klip "History" One Direction mengharukan

Baca juga: One Direction rilis single pertama sebagai kuartet


Liam sendiri sempat mengumumkan bahwa dia ingin melakukan perubahan pada albumnya setelah putus dari Cheryl.

"Beberapa bulan terakhir saya melihat perubahan besar untuk saya. Saya bertekad bahwa debut album saya harus mewakili saya. Sementara itu, EP ini adalah kumpulan lagu yang saya banggakan dan saya ingin Anda semua mendengarnya," tulis Liam.

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018