Jakarta (ANTARA News) - Partai Nasional Demokrat (NasDem) menggaet seorang penyandang difabel untuk menjadi calon anggota legislator DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) DI Yogyakarta Anggiasari Puji Aryatie.

"Awalnya saya aktif dalam berbagai organisasi difabel kemudian ada tawaran dari NasDem untuk menjadi calon anggota DPR RI," kata Anggiasari di Jakarta, Minggu.

Anggiasari merupakan salah satu calon anggota wakil rakyat yang mengikuti pembekalan Partai NasDem di Ancol Jakarta Utara.

Presiden Joko Widodo menjadi salah satu nara sumber yang memberikan pembekalan kepada 575 calon anggota DPR RI dan DPRD se-DKI Jakarta.

Diungkapkan Anggiasari, dirinya akan memperjuangkan hak bagi penyandang disabilitas jika kelak terpilih menjadi anggota DPR RI.

Anggiasari menuturkan memutuskan maju menjadi calon anggota wakil rakyat karena faktor dorongan dan dukungan dari kelompok disabilitas.

"Selama ini saya aktif pada berbagai organisasi sehingga mendapatkan dukungan dari komunitas difabel di Yogyakarta dan Semarang," ujar Anggiasari.

Anggiasari menegaskan ingin menunjukkan penyandang disabilitas memiliki potensi dan paham terhadap segala bidang kemasyarakatan termasuk pendidikan politik.
 
Anggiasari bertekad mengupayakan hak penyandang disabilitas yang masih banyak pekerjaan rumah bagi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Selain itu, Anggiasari juga akan memperjuangan kaum difabel melalui penerbitan undang-undang sehingga bisa lebih bersatu dengan masyarakat.

"Saya ingin berjuang supaya teman-teman disabilitas dapat haknya seperti sekolah yang diinginkan, pendidikan berkualitas, otomatis harapan akan lebih baik dan tidak jd beban hidup bagi orang lain," ujarnya. 

Anggiasari menyebutkan NasDem sebagai kendaraan politik karena memiliki jejak rekam dan menyambut baik kehadiran penyandang disabilitas.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018