Tangerang (ANTARA News) - Sebanyak 2.175 atlet dan ofisial Asian Games 2018 pulang ke negara asal mereka melalui Terminal III keberangkatan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, sejak 19 Agustus.

"Mereka berangkat ada yang rombongan dan perorangan," kata Annisa Hasanah, petugas pemantau kedatangan dan keberangkatan atlet dan ofisial Asian Games 2018 di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu.

Annisa mengatakan ofisial yang pulang lebih awal ada tiga orang pada 19 Agustus yakni dari Arab Saudi.

Keberangkatan yang terbanyak pada 29-30 Agustus sebanyak 1.750 orang yang berasal dari sejumlah negara seperti Arab Saudi, Malaysia, Thailand, China, Vietnam, Hong Kong, dan Nepal.

Para atlet yang pulang melalui terminal III tersebut dominan yang menginap di wisma atlet di Kemayoran, Jakarta Pusat, menggunakan bus yang sudah disediakan dan dikawal oleh petugas kepolisian.

Bahkan terlihat atlet cabang bola basket dan voli asal Korea Selatan dan Arab Saudi pulang duluan dan mereka tidak mengikuti upacara penutupan Minggu malam.

Annisa menambahkan atlet yang berangkat termasuk pelatih dan ada juga yang? dikawal oleh staf kedutaan negara masing-masing yang ada di Jakarta.

Demikian pula di antara ofisial ke bandara tidak menggunakan kendaraan bus yang disediakan tapi dengan mobil sedan milik kedutaan.

Petugas pemantau keberangkatan di bandara itu juga melakukan pendampingan bagi mereka yang hendak membeli cendera mata di seputar bandara untuk dibawa ke negaranya.

Hingga Minggu pagi pukul 09.30 wib tercatat sebanyak 448 atlet dan ofisial yang berangkat ke negara asal seperti Laos, Singapura, Korea, Filipina, dan Myanmar. (U.A047)
 

Pewarta: Adityawarman
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2018