Nikosia, Siprus, (ANTARAN News) - Usia tidak menjadi penghalang buat lelaki yang berusia 95 tahun untuk menjadi penyelam scuba paling tua di dunia, kata wakil Guinness World Record pada Sabtu (1/9).

Ia mengatakan Ray Woolley, veteran Perang Dunia II yang tinggal di Siprus sejak 1964, menyelam sampai 40,6 meter dan bertahan di dalam air selama 44 menit.

Seluruh proses tersebut difilmkan, dipotret dan didokumentasikan sejalan dengan panduan yang disetujui Guinness World Records dan gelar resmi akan diumumkan dalam waktu beberapa pekan setelah semua data peristiwa itu dikaji, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad.

Ia melakukan penyelaman di tempat rongsokan kapal Zenobia, tempat menyelamat terkenal di lepas pantai Kota Larnaca --tempat kapal feri RO-RO buatan Swedia, yang diluncurkan pada 1979 terbalik dan tenggelam pada Juni 1980 dalam pelayaran perdananya, tak lama setelah meninggalkan kota pelabuhan tersebut.

Woolley berulang-tahun pada 28 Agustus, tapi ia mengatakan seluruh keluarganya terbang dari Inggris untuk penyelamatan itu dan merayakan ulang tahunnya, yang ke-95.

"Saya harap aya akan bisa mengulangi ini lagi dalam usia 96 tahun, sebab saya bisa menjaga kebugaran saya dan teman-teman saya masih akan menyelam bersama saya," kata Woolley setelah tiba di pantai.

Woolley sedang sibuk oleh kegiatan pembuatan film dokumenter, yang diberi judul "hidup dimulai pada usia 90 tahun", mengenai perjalanan hidupnya, rasa tertariknya pada menyelam dan pola hidup sehatnya saat berusia lanjut.
 

Pewarta: Antara
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2018