Jakarta (ANTARA News) -  Boy group Bangtan Sonyeondan (BTS) menduduki posisi puncak tangga album Billboard 200 melalui album terbaru sekaligus terakhir trilogi "Love Yoursel",  "Love Yourself: Answer".

Ini adalah capaian kedua mereka di tangga musik Amerika setelah album "Love Yourself: Tear" yang juga menduduki posisi teratas pada Mei lalu.

Sebelumnya, boy group asal Inggris One Direction juga mencapai hal serupa pada Desember 2013 dan 2014.

Pihak Billboard pada Minggu (2/9) mengungkapkan bahwa "Love Yourself: Answer" terjual 185 ribu keping pada minggu lalu. Angka ini merupakan gabungan antara penjualan fisik album dan streaming.

"BTS menjadi satu-satunya musisi K-pop yang albumnya menduduki posisi nomor 1 dan ini tercapai dua kali. Mereka juga memuncaki 10 besar sejak "Love Yourself: Her" yang berada di posisi ke-7," kata mereka, seperti dikutip Yonhap, Senin.

Album BTS juga menjadi salah satu dari tiga terbesar untuk kategori album pop di Billboard selama 2018 setelah "Man of the Woods" milik Justin Timberlake dan "Sweetener" milik Ariana Grande, yang terjual masing-masing 293 ribu dan 231 ribu unit.

RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook juga mencatatkan sejarah baru di Billboard sebagai musisi dengan album non- berbahasa Inggris yang merajai tangga album sejak 2006. Selain mereka ada juga Il Divo melalui lagu berbahasa Spanyol, Italia dan Prancis "Ancora". Demikian seperti dilansir Kantor Berita Yonhap.

Baca juga: Album baru BTS jadi nomor satu di Amerika

Baca juga: Album "Love Yourself: Answer" BTS sudah terjual 860 ribu keping

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018