Tiga kabar tekno dan game terbaru dari C3AFA 2018

Tiga kabar tekno dan game terbaru dari C3AFA 2018

Virtual YouTuber Kizuna AI. (C3AFA/HO)

Jakarta (ANTARA News) - Festival anime asia atau dikenal juga sebagai C3AFA tahun ini telah berakhir dan mungkin akan menjadi tahun terakhir. Berikut tiga kabar tekno dan game terbaru dari C3AFA 2018:

1. Kizuna AI, sang virtual YouTuber

Umumnya vlogger atau mereka yang mengisi konten-konten YouTube adalah manusia biasa, namun saat ini ada Kizuna AI, sebuah artificial intelligence atau AI yang suka mengirim konten-konten ke YouTube.

"Kizuna AI merupakan virtual YouTuber pertama di dunia, sebelum Kizuna AI belum pernah ada yang namanya virtual YouTuber. Jadi dia mulai dari nol dengan berusaha keras setiap hari mengunggah video serta mencoba sesuatu yang baru setiap harinya," ujar staff teknis Kizuna AI yakni Sada Shinichiro kepada Antara.

Dia lebih lanjut menjelaskan bahwa Kizuna AI sendiri bukanlah sesuatu yang diciptakan namun sebuah entitas virtual yang hidup dalam dunia maya, dimana direktur perusahaan kami menemukannya kemudian merekrutnya.

Layaknya seorang vlogger atau YouTuber, Kizuna AI memiliki kanal sendiri di media sosial tersebut yakni A.I.Channel yang membahas masalah cinta hingga wawancara artis, serta kanal A.I.Games yang mengulas review game-game terlaris seperti "Resident Evil".

2. Demo "Soul Calibur VI"

"Soul Calibur VI" mungkin bakal rilis beberapa bulan lagi, namun dalam perhelatan C3AFA kemarin para pengunjungnya bisa menjajal demo game paling anyar tersebut untuk pertama kalinya di Indonesia.

"Alasan kami berada di sini adalah kami sedang berfokus pada pasar-pasar negara berkembang, khususnya Indonesia mengingat banyaknya gamer di negara ini," kata General Manager Bandai Namco Entertainment wilayah Singapura dan Asia Tenggara kepada Antara.

Dia juga menambahkan bahwa "Soul Calibur VI" akan dirilis perdana secara global pada 19 Oktober 2019.

"Soul Calibur VI", dalam demo tersebut, menghadirkan karakter istimewa yakni Geralt of Rivia dari game "The Witcher" yang menjadi karakter satu-satunya yang menggunakan tangan kosong, pedang, bahkan serangan sihir dalam "Soul Calibur VI".

3. Kembalinya "Contra" lewat "Contra Return"

Game retro "Contra" akan kembali lewat versi lebih canggih yakni "Contra Return", hasil kolaborasi Tencent dan Konami, yang bakal dirilis untuk platform smartphone dan komputer tablet.

"Sebetulnya 'Contra' yang kita tahu merupakan game populer zaman dulu pada tahun 1987. Seiring berjalannya waktu, 'Contra' selalu ada baik di platform konsol maupun handheld. Namun belakangan ini trendnya semua ke arah mobile, jadi pertama kali 'Contra Return' ini rilisnya di Tiongkok mengingat peminat mobile game di negara ini sangat banyak," kata perwakilan distributor PT, Garena Indonesia Reginald Evan Lindungan kepada Antara.

Dia juga menambahkan bahwa game mobile ini bakal dirilis oleh Garena di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang untuk platform iOS dan Andorid.        

Oleh Aji Cakti
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar