Los Angeles, (ANTARA News) - Kebakaran hutan yang dipicu pesawat jatuh melahap 80 acre (0,32 kilometer persegi) lahan di Mountain Rose, tempat rekreasi terkenal yang berada di Negara Bagian Nevada, AS Utara.

Menurut sistem informasi kecelakaan antar-negara bagian InciWeb, sampai Senin pagi, si jago merah --yang dijuluki "Slide Fire"-- telah menyebar ke 80 acre lahan dan 10 persen dikendalikan setelah satu pesawat kecil atau pesawat rekreasi jatuh pada Ahad di gunung yang lerengnya sangat terjal.

Ada 160 orang yang berjuang untuk memadamkan api, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa siang. Petugas pemadam dibantu oleh empat helikopter, dua mobil keruk, empat tanker air dua tanker bermesin tunggal.

Rekaman video yang disiarkan daring pada Senin memperlihatkan tanker air yang dipenuhi air dari Danau Tahoe di dekat lokasi menyiram air ke apir, yang pertama kali dilaporkan sekitar pukul 14.15 Ahad.

Satu keluarga yang sedang mendaki di Slide Mountain pada Ahad sore mengatakan kepada stasiun berita lokal KOLO 8 bahwa mereka mendengar suara ledakan, melihat satu pesawat berputar ke tanah dan kemudian mereka mendengar suara ledakan lagi.

Petugas pemadam mengatakan satu pesawat yang jatuh menyebabkan kebakaran tapi tidak menjelaskan apa jenis pesawat itu sebab awak pencarian dan pertolongan belum bisa mencapai lokasi kecelakaan sebelum kebakaran besar tersebut sepenuhnya dikendalikan.
 

Pewarta: Antara
Editor: Chaidar Abdullah
Copyright © ANTARA 2018