TNI AU bangun shelter untuk Sukhoi Su-35

TNI AU bangun shelter untuk Sukhoi Su-35

Arsip Pesawat tempur Sukhoi SU-30 MK2 disambut dengan prosesi pelangi yaitu penyemprotan air melalui water canon saat acara penerimaan pesawat di Lanud Hasanuddin, Makassar, Sulsel, Rabu (25/9/2013). Pesawat tempur Sukhoi yang kini genap satu skuadron atau 16 unit buatan Rusia tersebut merupakan bagian dari program modernisasi pembangunan kekuatan persenjataan TNI AU untuk menjaga wilayah udara Indonesia. (ANTARA FOTO/Dewi Fajriani)

Magetan (ANTARA News) - Jajaran TNI AU segera membangun shelter di Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, guna mempersiapkan kedatangan pesawat tempur Sukhoi Su-35 yang dibeli dari Rusia.

Komandan Lanud Iswahjudi Marsekal Pertama TNI Samsul Rizal di Magetan, Selasa, menyebutkan pihaknya menyiapkan pembangunan 10 shelter masing-masing berukuran 20 X 25 meter.

"Kami segera membangun 10 shelter di lokasi shelter Skadron Udara 14 yang dulu digunakan untuk pesawat F-5 Tiger," jelas Samsul.

Menurut dia, ukuran pesawat Sukhoi lebih besar dari pesawat F-5 Tiger sehingga tidak mungkin menggunaan shelter lama, dan harus membangun lagi yang baru.

Sedangkan untuk hanggar, masih menurut Samsul, bisa menggunakan hanggar Skadron Udara 14 yang sudah ada.

"Untuk hanggar masih menggunakan yang lama, hanya beberapa bagian perlu dilengkapi, seperti listrik," ujarnya.

Dia memberikan alasan mengapa tidak membangun hangar baru untuk Sukhoi, karena hanggar yang sudah ada di Skadron 14 dianggap cukup untuk menampung dua unit pesawat Sukhoi.

"Karena kan hanya satu atau dua pesawat saja yang perlu dilakukan perawatan di hanggar. Kalau pesawat sudah siap, akan dipindah lagi ke shelter," tuturnya.

Selain membangun shelter, kata Samsul, pihaknya juga menyiapkan belasan gudang untuk menampung kiriman suku cadang dari Rusia.

"Gudang-gudang sudah kita siapkan, sudah kita kosongkan. Ada 13 gudang kami siapkan untuk menerima suku cadang dan lain-lain dari pesawat Sukhoi tersebut," ucap Samsul.

Ia mengatakan dua unit (dari seluruhnya 11 unit) pesawat tempur Sukhoi yang dibeli pemerintah RI direncanakan datang Agustus 2019.

Guna menyambut kedatangan pesawat tempur Sukhoi Su-35, berbagai persiapan telah dilakukan. Termasuk menyelenggarakan kursus bahasa Rusia bagi para calon ground crew pesawat Sukhoi tersebut.

Pewarta: Louis Rika Stevani dan Siswowidodo
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Mesin Saturn AL-41F-1S hadir di MAKS 2019 di Moskow

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar