Gunung Kidul  (ANTARA News) - Basarnas Daerah Istimewa Yogyakarta dibantu anggota TNI AU, Kepolisian, dan BPBD Kabupaten Gunung Kidul berhasil menurunkan badan pesawat jenis Ultra Light dengan nama lambung Sky Ranger Pk S-S160 yang jatuh di Desa Gading, Kecamatan Playen.

 Koordinator Humas Basarnas DIY Pipit Eriyanto di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan badan pesawat sudah diturunkan.

 "Untuk selanjutnya proses evakuasi pesawat akan dilaksanakan oleh AU. Saat ini sudah diberi garis polisi," katanya.

 Pesawat latih ini mengalami kerusakan pada bagian moncong pesawat dan jatuh tepat di atas pohon mahoni.

Pada pukul 18.00 WIB, petugas melakukan pemotongan beberapa ranting setelah sebelumnya memberikan tali penguat di badan pesawat warna merah kuning jenis Ultra Light, dengan nama lambung Sky Ranger Pk S-S160 itu.

 Kapolsek Playen AKP Yusuf Tianotak mengatakan pihaknya belum mengetahui secara pasti nama penumpang. "Keduanya selamat, tidak ada korban jiwa," katanya.

Dari penulusuran di saluran Youtube, user name Erix Soekamti  mengunggah bahwa dia sedang belajar mengemudikan pesawat mirip dengan pesawat yang jatuh di Gading. Video tersebut dipublikasikan 22 Agustus 2018.

 Sedangkan di media sosial instagram, seseorang dengan nama akun @lulut_retro  juga mengunggah foto bersama Erik Kristianto atau dikenal dengan Erik Sukamti yang merupakan vokalis band Endak Sukamti. Pesawat tersebut disebut-sebut ditumpangi oleh Erik Sukamti.

 
Baca juga: Pesawat latih jatuh di Playen, Gunung Kidul
 Baca juga: Pesawat cessna diduga jatuh sekitar Oksibil, Papua

Pewarta: Sutarmi
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2018