counter

MotoGP

Sirkuit Misano akan tantang ban Michelin

Sirkuit Misano akan tantang ban Michelin

Jorge Lorenzo dari Ducati, Valentino Rossi dari Movistar Yamaha MotoGP, Marc Marquez dari Repsol Honda Team dan Andrea Iannone dari Team SUZUKI ECSTAR terlihat dalam kompetisi MotoGP Italia Grand Prix di Mugello Circuit, Scarperia, Italia, Minggu (3/6/2018). (REUTERS/Alessandro Bianchi)

Jakarta (ANTARA News) - Trek Misano World Circuit Marco Simoncelli di San Marino akan membawa ujian baru bagi ban Michelin pada balapan GP San Marino akhir pekan ini.

Sirkuit sepanjang 4,2 km itu memiliki enam tikungan ke kiri dan sepuluh tikungan ke kanan yang merupakan kombinasi dari tikungan cepat yang
dikemas di atas trek yang memiliki permukaan aspal medium kasar.

"Misano adalah trek yang menuntut yang bisa menyebabkan suhu cukup tinggi di karet ban, terutama di ban depan manakala motor sering dikendarai miring, jadi kami perlu memiliki campuran yang sesuai dengan tuntutan ini," kata Piero Taramasso, manajer Michelin Motorsport Two-Wheel seperti dikutip oleh laman resmi MotoGP.com pada Selasa.

Sirkuit Misano membutuhkan berbagai macam ban untuk bisa bertahan dari tekanan teknis dan ban Michelin Power Slick telah dipilih untuk kebutuhan tersebut.

Ban depan lunak, medium, dan keras  yang akan digunakan untuk balapan tersebut semuanya simetris, sementara ban belakang didesain asimetris dengan bagian kanan lebih keras untuk bertahan lebih lama menuruti karakter sirkuit Misano.

Sirkuit Misano juga rentan terhadap gangguan cuaca seperti yang terjadi pada tahun lalu.

Oleh karena itu, ban hujan Michelin akan disediakan untuk mengantisipasi kondisi cuaca yang tidak bersahabat itu.

Ban basah tersebut akan terdiri dari ban depan lunak dan medium yang simetris dan ban belakang ekstra lunak dan lunak.

Ban belakang ekstra lunak berkarakter simetris sementara ban belakang lunak Michelin akan memiliki karakter asimetris dengan sisi kanan yang lebih keras.

Jajaran ban Michelin tersebut akan mulai dipakai di trek pada Jumat (7/9) sebagai persiapan balapan sepanjang 27 lap pada Minggu.

"Setelah apa yang terjadi di Silverstone (pekan lalu) dan di sini di Misano tahun lalu, kami berharap cuaca yang lebih baik di Italia pekan ini," kata Taramasso.

"Pada 2016 kami memiliki performa yang mengesankan di sini sekembalinya kami dan kami berharap untuk memperbaiki hal itu di 2017, tapi cuaca berkata lain," kata dia.

Walaupun demikian ban hujan Michelin menunjukkan performa baik di kondisi trek basah dengan sedikit grip kala itu.

"Kami harap cuaca buruk tidak turut serta ambil bagian di musim ini, walaupun demikian, kami siap," ungkap Taramasso.

Baca juga: Kalender sementara balapan MotoGP musim 2019
Baca juga: Dovizioso akui salah pilih ban belakang di MotoGP Austria


 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar