...waspadai angin kencang, hujan deras tiba-tiba dan puting beliung...
Jakarta (ANTARA News) - Cuaca ekstrem berpeluang terjadi selama masa peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Di masa transisi perlu kita waspadai angin kencang, hujan deras tiba-tiba dan puting beliung yang diperkirakan terjadi pada akhir September hingga Oktober 2018," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Jakarta, Selasa (4/9).

Deputi Bidang Meteorologi Mulyono Rahadi Prabowo mengatakan hujan berpotensi turun selama masa transisi musim kemarau menuju penghujan antara September dan awal Oktober 2018.

Ia menjelaskan hujan yang turun selama masa transisi kemungkinan berdurasi pendek namun lebat dan hujan diawali dengan pertumbuhan awan cukup kuat serta hembusan angin kencang.

Saat ini, ia melanjutkan, secara umum udara masih panas dan kering, tetapi berkumpulnya uap air dan pertumbuhan awan kuat saat sore menimbulkan hujan di beberapa tempat.

BMKG memprakirakan musim musim hujan bermula Oktober di sebagian wilayah, namun ada pula daerah-daerah yang musim hujannya berawal November atau Desember. Musim hujan diprakirakan memuncak pada Januari dan Februari 2019.

Baca juga:
BMKG: waspada hujan lebat tiga hari ke depan
Warga pesisir diminta waspada gelombang tinggi

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018