Surabaya  (ANTARA News) - Jawa Timur siap menjadi salah satu lokasi pendamping pertandingan cabang olahraga untuk membantu sekaligus menyukseskan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.


Jatim, khususnya Kota Surabaya bisa menjadi alternatif lokasi pendamping Jakarta untuk Olimpiade, ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur Supratomo kepada wartawan di Surabaya, Rabu.



Menurut dia, sarana prasarana yang terdapat di Jatim dinilai layak dan siap menggelar pertandingan dengan skala internasional, termasuk fasilitas penunjang lainnya. ?? ? Ia menyontohkan beberapa venue atau arena olahraga di Surabaya, seperti Lapangan Thor untuk atletik, lapangan hoki, lapangan softball dan baseball, termasuk stadion sepak bola dan lainnya.


Tak itu saja, kualitas atlet asal Jatim juga tidak perlu diragukan lagi karena sudah terbukti mampu berbicara di tingkat internasional, yakni Asian Games Ke-18 pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

 Dari raihan 31 medali emas, atlet Jatim sukses menyumbang 11 keping atau 30 persen medali emas yang dikoleksi kontingen Indonesia, termasuk tambahan 24 perak dan 43 perunggu.

Secara umum, pihaknya sangat mendukung keinginan Pemerintah Pusat menjadi tuan rumah penyelenggaraan ajang olahraga terbesar di dunia tersebut pada 2032. ?

Kesuksesan Asian Games 2018 menjadi bukti betapa berkualitasnya negara ini. Kami harap Olimpiade bisa digelar di Indonesia dan daerah siap menyukseskannya, katanya. 

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018