Medan (ANTARA News) - Pengurus Provinsi Wushu Indonesia Sumatera Utara kembali menggelar "Wushu Sanda Open Championship" memperebutkan Piala Kapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, 27 hingga 30 September 2018 di Lapangan Metal Medan.

Ketua Umum Pengprov WI Sumut Darsen Song di Medan, Kamis , mengatakan, pelaksanaan Wushu Sanda Open Championship Piala Kapolda Sumut itu bertujuan untuk terus menggali potensi atlet dari kota kabupaten di Sumut.

Event itu cukup bergengsi karena merupakan kejuaraan sanda terbuka pertama yang digelar di Sumut.

Darsen lebih lanjut menjelaskan, wushu adalah salah satu cabor andalan Sumut.

Sejak PON XVI/2004 di Palembang, berlanjut PON XVII/2008 Kaltim, PON XVIII/2012 Pekanbaru dan PON XIX/2016 Jabar, cabor Wushu senantiasa memberi konstribusi maksimal bagi Kontingen Sumut, karena terus menjadi juara umum di cabang itu.

Hal inilah coba mereka pertahankan dan untuk itu? pihaknya terus mencoba mencari formula terbaik untuk menjaring potensi atlet, salah satunya dengan memperbanyak event, termasuk menggelar ?Wushu Sanda Open Championship.

"Kita memang berupaya, minimal dalam setahun ada dua event atau kejuaraan. Hal ini dimaksudkan agar talenta dan kemampuan atlet kitan terasah. Kami bersyukur, setelah Kejurda di Center Poin Januari lalu, kini digelar Piala Kapoldasu, jelas Darsen.

Ia berharap dari event tersebut nantinya lahir calon-calon atlet yang akan dipersiapkan menghadapi? Kejurnas 2019 yang sekaligus Pra Kualifikasi PON XX.

Pengporv WI Sumut, tambah Darsen, berterimakasih kepada Kapoldasu Brigjen Pol Agus Andrianto dan seluruh jajarannya, atas perhatian dukungannya terhadap pelaksanaan kejuaraan itu

Guna menyukseskan event tersebut, Pengprov WI Sumut sudah membentuk kepanitiaan, dipimpin Ketua Panitia Harianto.

"Kita terus melakukan persiapan demi suksesnya kejuaraan ini," ujarnya.

Kejuaraan tersebut akan mempertandingkan laga untuk kelompok Pra Yunior, Yunior dan Senior putra putri.

Event itu bersifat terbuka, sehingga peserta tidak hanya dari Pengcab WI se-Sumut, tapi juga sasana-sasana yang ada di provinsi itu.

Adapun kelas yang dipertandingkan untuk Pra Yunior Putri masing-masing Kelas 36 kg, 39, 42, 45, sementara Pra Yunior Putra, selain kelas di atas juga mempertandingkan Kelas 48 Kg.

Kelompok Yunior Putri; Kelas? 45 kg, 48 kg,52 kg, 56 kg, 60 kg.

Sedangkan Yunior Putra mulai Kelas 45 Kg hingga 70 kg, kelompok senior putri, kelas 48 kg, 52 Kg, 56 Kg, 60 kg, sedangkan senior putra mulai Kelas 48 kg hingga Kelas 75 kg.

"Undangan ke Pengcab Pengcab WI dan sasana wushu sudah dikirim. Kami berharap kejuaraan ini nantinya diikuti paling tidak 150 atlet. Kepada seluruh Pengkab dan Pengkot WI di Sumut diharapkan? mempersiapkan tim sebaik mungkin, dan mengirim atletnya mengikuti event itu," katanya. 

(T.KR-JRD/B013)

Pewarta: Juraidi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018