counter

Militer Lebanon berikrar akan lanjukan kerja sama dengan pasukanPBB

Militer Lebanon berikrar akan lanjukan kerja sama dengan pasukanPBB

Milisi Syiah dukungan Iran, Hizbullah, makin mendominasi kekuasaan di Lebanon yang memicu kekhawatiran Arab Saudi (Reuters)

Beirut, Lebanon, (ANTARA News) - Angkatan Bersenjata Lebanon (LAF) akan melanjutkan kerja samanya dengan Pasukan Sementara PBB di Lebanon (UNIFIL) guna menjamin keamanan di Lebanon Selatan, kata Komandan LAF Joseph Aoun pada Selasa (4/9).

"Kerja sama kami yang berlanjut memelihara kestabilan dan keamanan di Selatan sementara mencerminkan secara positif mengenai kestabilan Lebanon pada umumnya," kata Joseph Aoun selama satupertemuan dengan Panglima UNIFIL Stefano Del Col di Markas UNIFIL di Lebanon Selatan.

Joseph Aoun menjanjikan "dukungan penuh" LAF kepada Del Col bagi keberhasilan misinya, kata jejaring UNIFIL, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu malam.

Baca juga: UNIFIL desak Israel mundur dari Ghajar Utara di Lebanon

"Koordinasi dan kerja sama luar biasa antara kedua pasukan telah secara dramatis meningkatkan keamanan dan menjadi alat dalam menyediakan kestabilan bagi daerah operasi UNIFIL," kata Joseph Aoun.

Pada gilirannya, Del Col menekankan pentingnya pembangunan momentum mengenai koordinasi LAF dan kehadiran UNIFIL yang sudah meningkat. Ia menyatakan bahwa prioritas bagi masyarakat internasional dan UNIFIL ialah meningkatkan kemampuan LAF di Lebanon Selatan.

"Pembentukan Resimen Model (LAF), misalnya, adalah langkah penting ke arah memperluas wewenang negara dan keamanan, dan memelihara kestabilan," kata Del Col.

Ia menambahkan bahwa kedua pihak memiliki "keinginan yang sama" untuk menjamin kestabilan di daerah operasi dan memastikan bahwa daerah tersebut bebas dari senjata yang tidak sah serta kegiatan yang bermusuhan dalam bentuk apapun.

Baca juga: DK PBB kecam serangan terhadap pasukan UNIFIL

Pewarta: Antara
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Walkot Airin luncurkan aplikasi TangselPay

Komentar