Cara murah untuk belajar ala Najwa Shihab

Cara murah untuk belajar ala Najwa Shihab

Arsip Foto. Duta Baca Najwa Shihab (kanan) disaksikan Vokalis band Letto yang juga budayawan dan penulis Noe (kiri) berbicara dalam "Roadshow Perpustakaan Nasional 2017" di Perpustakaan Daerah Kota Magelang, Jateng, Sabtu (26/8/2017). (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Jakarta (ANTARA News) - Duta Baca Indonesia Najwa Shihab mengatakan cara paling murah dan mudah untuk belajar adalah dengan membaca buku, yang bisa dinikmati tanpa harus membeli di perpustakaan.

"Kita semua harusnya jadi manusia pembelajar. Cara paling murah dan gampang untuk jadi manusia pembelajar adalah membaca buku," kata Najwa dalam acara Gemilang Perpustakaan Nasional 2018 untuk Malam Penganugerahan Nugra Jasadarma Pustaloka di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan bahwa dengan membaca seseorang bisa mengembangkan kemampuan diri dan lebih banyak berkontribusi pada upaya pembangunan bangsa.

Oleh karena itu Najwa mengajak seluruh masyarakat banyak membaca buku. "Saya memprovokasi orang untuk membaca, supaya ramai-ramai cinta membaca," ujarnya.

Ia mengatakan meningkatkan literasi dan mengembangkan budaya membaca merupakan pekerjaan besar dengan tantangan luar biasa besar. Namun ia meyakini upaya itu akan menjadi lebih ringan dengan partisipasi banyak orang.

Dan dia sedang sekarang makin banyak yang peduli dengan upaya pengembangan perpustakaan dan budaya membaca.

"Rasanya senang kepedulian itu muncul dan tumbuh di mana-mana," tuturnya.

"Kalau kerja bareng-bareng InsyaAllah bebannya makin ringan dipikul," ia menambahkan.

Baca juga:
Najwa Shihab: tingkatkan minat baca perlu "keroyokan"
Perpusnas: minat baca di Indonesia masih rendah

 

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar