Jakarta (ANTARA News) - Bakal calon wakil presiden pasangan Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, siap memberdayakan ekonomi untuk emak-emak alias kalangan ibu rumah tangga. Dia memang berlatar pengusaha dan tercatat sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.
     
Hal tersebut dia sampaikan saat mengunjungi "jibu-jibu ikan" atau dalam bahasa Indonesia disebut (perempuan) penjual ikan keliling di Pasar Tulehu, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah, Jumat. 
     
Dia memandang ekonomi akar rumput yang digerakkan oleh para pedagang sayur mayur dan jibu-jibu ikan harus bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Maluku.
     
"Saya bertemu mama-mama 'jibu-jibu' di sini. Kawasan pasar tradisional di sini komoditasnya ada sayur mayur, namun utamanya adalah ikan. Mama-mama 'jibu-jibu' ini ingin agar usahanya dapat berkembang dan naik kelas," kata Uno, dalam keterangan tertulisnya.
     
Dalam kesempatan tersebut, dia yakin bahwa pelatihan, pendampingan, dan pengaturan keuangan terkait kewirausahaan akan mampu meningkatkan ekonomi "jibu-jibu" ikan.
     
Selain itu, ia menilai pemberian modal dapat membantu usaha "jibu-jibu" dan pedagang pasar tradisional dapat tumbuh berkembang.
     
"Saya menemui Ati Lengkoliang, seorang UMKM di sini. Ia membutuhkan sedikit dana untuk mengembangkan usahanya. Saya juga berbincang dengan mama Tila Malbari, pedagang 'jibu-jibu'. Ia mengaku hanya bisa menjual tiga loyang dalam satu hari. Hampir semua keluhannya sama yaitu soal pelatihan dan modal usaha agar mereka bisa berkembang dan naik kelas," kata Uno.
     
Mantan wakil gubernur DKI Jakarta ini kembali menegaskan pemberdayaan ekonomi emak-emak melalui lapangan pekerjaan yang terbuka dan harga kebutuhan pokok yang terjangkau.
     
Baginya, isu ekonomi akar rumput sangat dipengaruhi sumber pendapatan dan pengeluaran biaya hidup. Bagi dia, salah satu solusi alternatifnya adalah melalui kewirausahaan dan menjaga stabilitas harga sembako.
     
"Selain itu, di sini juga dikenal sebagai Kampung Sepakbola. Salah satu pemain nasional kebanggaan kita lahir di sini yaitu Ramdhani Lestahulu," kata dia, yang sangat gemar berolahraga itu.
     
"Rencana ke depan selain meningkatkan ekonomi emak-emak, lapangan pekerjaan bisa diciptakan melalui atlet-atlet bertalenta yang mendapatkan pelatihan dan akhirnya membawa harum nama bangsa," katanya.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018