Baznas gelar Anugerah Baznas 2018

Baznas gelar Anugerah Baznas 2018

Baznas Award 2017 Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Bambang Sudibyo menyerahkan penghargaan kepada Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi (kanan) dalam Baznas Award 2017 di Jakarta, Jumat (25/8/2017). (ANTARA /Puspa Perwitasari)

Jakarta (ANTARA News) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menggelar "Baznas Award" 2018 untuk memacu kebangkitan zakat secara nasional.

"Kami berharap `Baznas Award` ini mampu memberi dampak positif terhadap kemajuan dunia perzakatan," kata Ketua Baznas Bambang Sudibyo di aula Kementerian Agama, Jakarta, Jumat malam.

Bambang mengatakan kriteria pemenang dalam Baznas Award 2018 berdasarkan hasil kinerja Baznas provinsi/daerah dan lembaga amil zakat (LAZ) provinsi/daerah pada 2017.

Lebih lanjut Bambang mengatakan kegiatan "Baznas Award" 2018 ini bertujuan sebagai alat pengungkit untuk mendorong optimalisasi pengelolaan zakat nasional, mempererat tali silaturahmi antara Baznas dan LAZ dan mendukung kemajuan dunia perzakatan.

Dalam acara penganugerahan yang bertajuk "Kuat Karena Zakat" itu, pihaknya akan memberikan penghargaan kepada Baznas provinsi dan kabupaten/kota, LAZ provinsi dan kabupaten/kota, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) BUMN, swasta, sejumlah kepala daerah, tokoh dan media.

Beberapa kategori dalam "Baznas Award" 2018 yakni Pertumbuhan Penghimpun ZIS Terbaik, Kreativitas Penghimpun ZIS Terbaik, Pendistribusian dan Pendayagunaan ZIS Terbaik, Program Pemberdayaan Ekonomi Terbaik, Laporan Tahunan Terbaik serta Baznas dan LAZ terbaik.

"Ini berlaku untuk Baznas dan LAZ pusat dan daerah," katanya.

Selain itu juga ada penghargaan yang diberikan untuk pemprov dan kabupaten/kota berdasarkan kategori penilaian tertentu.

"Kemudian untuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota kategori Pendukung Kebangkitan Zakat 2018 dinilai berdasarkan kepatuhan pada Undang-undang, alokasi anggaran rutin untuk Baznas dalam persentase terhadap belanja APBD, penyediaan kantor Baznas dan sarana pendukung lainnya serta frekuensi keterlibatan kepala daerah pada kegiatan Baznas tahun 2017," kata Ketua Panitia Baznas Award 2018 Jaja Jaelani.

Jaja menambahkan, dalam "Baznas Award" 2018, juga ada penghargaan yang diberikan untuk kepala daerah terbaik, UPZ terbaik, Muzaki Badan Terbaik, Muzaki Individu Terbaik, Media Pendukung Kebangkitan Zakat Dan Tokoh Pendukung Kebangkitan Zakat.

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Ketua Baznas Zainulbahar Noor, Deputi Baznas M. Arifin Purwakananta, Sekretaris Baznas yang juga Ketua Panitia "Baznas Award" Jaja Jaelani, para anggota Baznas, direksi, manajemen dan amil-amilah Baznas.

Juga hadir Duta Besar Palestina dan perwakilan gubernur dari beberapa provinsi.

 Baca juga: Baznas dirikan rumah sakit lapangan untuk korban gempa
Baca juga: Baznas serahkan bantuan Rp2,1 miliar untuk pengungsi Palestina-Suriah


 

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar