Masyarakat Bawean antusias sambut "Wonderful Sail to Indonesia"

Masyarakat Bawean antusias sambut "Wonderful Sail to Indonesia"

Ketua Pengembangan Pariwisata Bawean Ahsanul Haq (kiri) Ketua Badan Percepatan Pengembangan Pariwisata Bahari Indroyono Soesilo (kanan) dalam peresmian Wonderful Sail to Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu. (ANTARA News/Chairul Rohman)

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah menggelar wisata layar "Wonderful Sail to Indonesia 2018" untuk mempromosikan kekayaan budaya dan alam yang ada di Tanah Air.

Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur mendapat kehormatan menjadi salah satu titik singgah destinasi dalam jalur pelayaran yacht tersebut pada tanggal 2-5 Oktober mendatang.

Pada tahun ini peserta mencapai 120 kapal yatch dari 15 negara yang akan mengunjungi 53 destinasi di Indonesia mulai dari Kupang hingga Tanjung Pinang selama lima bulan sejak bulan Juni hingga November.

"Mereka itu akan berangkat dari Tual Maluku Utara sekitar 47 kapal dan dari Darwin (Australia) 12 kapal," kata Ketua Badan Percepatan Pengembangan Pariwisata Bahari Kementerian Pariwisata Indroyono Soesilo di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu.

Indroyono menambahkan bahwa Bawean baru pertama kali disingggahi oleh kapal-kapal dari mancanegara yang akan berwisata di sana.

"Bawean ini pertama kali disinggahi oleh kapal-kapal ini. Mereka ini kan berwisata ya, kalau sudah masuk 40 kapal saja sudah bagus. Tentu mereka masih bertanya-tanya, nanti kalau saya di Bawean saya mau lihat apa? Karena itu kita coba karena ini pertama kali," ujar mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman itu.

Warga Bawean, kata Ketua Pengembangan Pariwisata Bawean Ahsanul Haq, sangat bergembira dan juga antusias menyambut para tamu dari berbagai negara dengan mengadakan kegiatan skala lokal untuk menyambut kegiatan Wonderful Sail to Indonesia mulai dari kegiatan seni-budaya sampai kegiatan olahraga.

"Jadi memang kegiatan pemerintah daerah, kami sebagai warga Bawean yang peduli, membuat konsep dan mendukung semua kegiatan yang sudah dikonsepkan oleh pemerintah pusat," kata Ahsanul.

Ia menambahkan panitia pelaksana juga sudah mempersiapkan berbagai acara untuk menyambut kegiatan Wonderful Sail to Indonesia dan terus berkoordinasi dengan pemerintah kota Gresik.

"Rencananya kita akan koordinasi dengan Pemerintah Gresik untuk selanjutnya, karena ini panitia pelaksananya adalah Pemerintah Kabupaten Gresik. Kita support semua kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan nasional," jelasnya.

 Wonderful Sail to Indonesia semakin terasa istimewa sebab bertepatan dengan Ulang Tahun Pulau Bawean yang ke 417.

Peluncuran Wonderful Sail to Indonesia di Bawean ini tidak hanya akan diikuti oleh warga Bawean Jabotabek, tetapi juga akan diikuti warga Bawean di Gresik Madiun, Tulungagung, Yogyakarta, Solo, Purbalingga, Batam, Malaysia dan Singapura.

Baca juga: Kemenpar usulkan Atung jadi "maskot" pariwisata Bawean

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Kemenpar beri diskon 50 persen tiket pesawat ke 10 destinasi wisata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar