Jakarta (ANTARA News) - Kebanyakan orang yang tengah menjalani diet, memasukkan lemon ke dalam air minumnya atau yang dikenal dengan infused water. Faktanya, minuman tersebut memang dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan, khususnya yang dingin.

Selain menurunkan berat badan, air lemon dingin juga dapat meningkatkan konsentrasi, melembabkan tubuh, menjaga agar perut tetap kenyang serta menambah energi.

Berikut ini akan dibahas alasan mengapa air lemon dingin bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan.

1. Rendah kalori
Infused lemon bebas kalori. Air putih tidak memiliki kalori sedangkan satu buah lemon hanya menyediakan sekira 17 kalori saja. Bahkan jika Anda mencampurnya dengan setengah gelas air, kalorinya tidak akan berubah. Berbeda dengan jus jeruk yang segelasnya saja mengandung 39 kalori. Jadi pilihlah air lemon dingin daripada jus jeruk untuk mengurangi asupan kalori harian.

Baca juga: Gula berperan penting sebagai penyebab gigi berlubang

2. Meningkatkan metabolisme
Air lemon dikenal dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang akan membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, jika tubuh terhidrasi dengan tepat, dapat meningkatkan fungsi mitokondria. Mitokondria menarik nutrisi dari sel, memecahnya dan mengubahnya menjadi energi, dengan demikian mengatur metabolisme.

3. Menjaga perut tetap kenyang
Air lemon adalah cara yang baik untuk menjaga perut tetap penuh. Ini berguna untuk mencegah Anda dari keinginan untuk ngemil. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa minum setengah liter air sebelum sarapan dapat menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi sebesar 13 persen. Studi lain juga menemukan bahwa minum air lemon dengan makanan, meningkatkan rasa kenyang dan meminumnya selama makan mengurangi rasa lapar. Alasannya adalah bahwa air lemon rendah kalori dan meningkatkan rasa kenyang, yang merupakan cara efektif untuk mengurangi asupan kalori Anda saat makan, demikian dilansir Boldsky, Senin.

Baca juga: Jangan salah, makanan sehat juga mengandung gula

4. Menghilangkan racun dari tubuh
Air lemon dingin bekerja dengan cara yang sama seperti air lemon hangat. Air ini akan menghilangkan racun dari tubuh yang pada gilirannya bertugas meningkatkan kinerja tubuh. Air lemon membersihkan tubuh Anda dan membantu menurunkan berat badan.

5. Memerangi radikal bebas
Vitamin C yang hadir dalam lemon membantu dalam memerangi stres oksidatif dalam tubuh. Vitamin C bekerja dengan mencegah oksidasi senyawa di dalam sel Anda. Radikal bebas berkaitan erat dengan LDL (kolesterol jahat). Oleh karena itu, meminum air lemon dapat memerangi kerusakan radikal bebas dan mengurangi tingkat kolesterol jahat.

Bagaimana cara membuat air lemon untuk menurunkan berat badan? Anda hanya perlu menyiapkan satu buah lemon dan segelas air. Lalu iris lemon menjadi beberapa potong. Peras beberapa bagian dan masukkan ke dalam gelas. Kemudian, masukan air ke dalam gelas atau botol minum. Anda juga bisa menambahkan daun mint, basil atau lavender. Dinginkan selama beberapa jam meresap.
 

Penerjemah: Maria Cicilia
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018