Sikap mental dan perilaku dalam pergantian tahun baru Islam bukan hura-hura, tapi semangat kita untuk memperbaiki dan berbenah,
Jambi,  (ANTARA News) - Pelajar sekolah menengah atas di Jambi ikut meramaikan pawai obor dalam rangka menyambut 1 Muharram atau tahun baru Islam 1440 H/2018 Masehi yang digelar pemerintah provinsi itu di Jambi, Senin malam.

Pelaksana Tugas Gubernur Jambi, Fachrori Umar yang melepas langsung pawai obor mengatakan semangat pawai obor adalah semangat umat manusia menuju perubahan ke arah yang lebih baik lagi.

"Jadikan momentum ini mempererat silaturahmi antara pemerintah provinsi Jambi dan masyarakat dan antarsesama umat," ujarnya.

Ia menambahkan semangat tahun baru Islam bukan berarti berhura-hura, tapi momentum untuk berbenah ke arah yang lebih baik dari tahun yang sudah dilalui.

"Sikap mental dan perilaku dalam pergantian tahun baru Islam bukan hura-hura, tapi semangat kita untuk memperbaiki dan berbenah baik itu dalam hal pembangunan daerah," ujarnya.

Sementara dalam pawai obor itu selain diikuti ratusan pelajar Jambi, juga diikuti seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup pemerintahan Provinsi Jambi. Semua peserta terlihat membawa satu obor bambu.

Pawai obor dimulai dari lapangan depan kantor Gubernur Jambi menuju depan Kantor Inspektorat Provinsi Jambi kemudian belok kiri menuju Universitas Jambi (Unja) Telanaipura menuju jalan depan Kantor Perwakilan BI Provinsi Jambi, selanjutnya belok kiri dan finish kembali di lapangan depan kantor Gubernur Jambi.

Selain pawai obor, kegiatan lain dalam menyambut tahun baru Islam yang digelar Pemprov Jambi yakni zikir dan doa akhir tahun 1439 H, zikir dan doa awal tahun 1440 H serta tabligh akbar dan pagelaran musik religi.

Zikir dan doa akhir tahun dan awal tahun serta tabligh dilaksanakan di Masjid Agung Al-Falah Jambi, pada Senin sore usai sholat ashar berjamaah.

Sedangkan pagelaran musik bersama pawai obor dipusatkan di lapangan kantor Gubernur Jambi dengan menghadirkan penyanyi religi, Sulis.*

Baca juga: Banjarmasin gelar Nite Carnival tahun baru Islam

Baca juga: Pawai obor meriahkan peringatan Tahun Baru Islam


 

Pewarta: Dodi Saputra
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018