Yogyakarta  (ANTARA News) - Tim basket putri Indonesia gagal meraih satu pun kemenangan dari tiga pertandingan babak penyisihan kejuaraan basket pelajar Asia di GOR Among Rogo Yogyakarta, Selasa.

Pada pertandingan terakhir babak penyisihan, tim yang dimotori anggota tim Asian Games 2018 Adelaide "Lady" Wongsohardjo menyerah 54-78 (21-39).

Dengan kekalahan tersebut, tim putri dipastikan berada di peringkat terakhir dari empat negara peserta dan hanya akan memperebutkan peringkat ketiga menghadapi China pada pertandingan hari terakhir, Kamis (13/9).

Sementara Hong Kong dipastikan tampil sebagai juara grup dan ditantang Thailand untuk perebutan gelar juara.

Pada babak pertama, Hong Kong yang sebelumnya berhasil merobohkan tembok China, unggul cukup jauh dengan skor 39-21.

Sebagian skor tersebut dihasilkan melalui lemparan tiga angka yang akurat, serta serangan serangan di bawah ring yang dibangun dengan strategi lebih efektif.

Memasuki babak kedua, China bermain makin konsisten dan melalui kemampuan pemain yang merata, mereka semakin sulit dibendung dan setiap serangan selalu menghasilkan angka.

Ketika pertandingan tersisa lima menit, China semakin menjauh dengan selisih 27 angka dan mengakhiri perjuangan Srikandi Indonesia dengan kemenangan 78-54.

"Fisik mereka tidak siap untuk bertanding tiga game secara beruntun," ujar pelatih Indonesia, Tjetjep Firmansyah mengomentari kekalahan timnya.

"Kalau kondisi fisik sudah jatuh, maka otomatis permainan dan skill mereka ikut jatuh," kata mantan pelatih klub Aspac Jakarta itu menambahkan.

Adelaide yang akrab disapa Lady masih menjadi motor serangan Indonesia dengan menyumbang 18 angka dan enam rebound, disusul Sophia Rebecca dengan sepuluh angka.

Sementara Yan Man Chan kembali menjadi topskor Hong Kong dengan 16 angka dan enam rebound.

Pada pertandingan sebelumnya, putri China mengalahkan Thailand melalui pertarungan ketat dengan skor akhir 66-64 (34-28).

Meski kalah, Thailand tetap melangkah ke final karena unggul selisih angka kemenangan dengan China.

Tim putra Indonesia yang sudah mengalami dua kekalahan sebelumnya, pada pertandingan terakhir babak penyisihan, juga akan berhadapan dengan Hong Kong pada pertandingan terakhir babak penyisihan, Selasa (11/9).

 

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2018