Cikarang  (ANTARA News) - Tim nasional sepak bola Indonesia sukses menaklukkan Mauritius dengan skor 1-0 dalam pertandingan persahabatan internasional FIFA di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Selasa.

Gol Indonesia dalam pertandingan itu dicetak oleh Evan Dimas Darmono di menit ke-90.

Dalam partai tersebut, timnas Indonesia menurunkan Boaz Solossa sebagai penyerang tunggal, disokong Stefano Lilipaly sebagai gelandang serang tepat di belakangnya.

Pergerakan kedua pemain itu ditopang dua sayap Febri Hariyadi dan Irfan Jaya di sisi kiri-kanan.

Sementara Mauritius memainkan pemain jebolan Piala Dewan Asosiasi Afrika bagian Selatan (COSAFA) 2018 seperti kiper Kevin Jean Louis, bek Jonathan Spéville dan gelandang Adel Langue sejak menit pertama. 

Indonesia pun menekan dari awal pertandingan. Skuat asuhan pelatih Bima Sakti dan Danurwindo bermain dengan operan-operan pendek dan menguasai pertandingan. 

Terus menekan, Indonesia menciptakan peluang emas mencetak gol di menit ke-11 melalui sepakan voli Hansamu Yama Pranata dari dalam kotak penalti. Namun, percobaan itu masih melayang di atas gawang Mauritius yang dijaga Kevin Jean-Louis.

Dua menit setelahnya, Mauritius yang mengandalkan serangan balik membuka kesempatan menorehkan skor dari tendangan bek Fabrice Augustin. Bola itu mengarah tepat ke gawang, tetapi Awan Setho sukses menepisnya.

Tak ada gol tercipta di sisa waktu babak pertama. Skor pun tetap 0-0 sampai waktu turun minum.

Di paruh kedua, Indonesia tetap menekan dan memperoleh peluang di menit ke-54 melalui Boaz, tetapi dapat diamankan kiper lawan.

Stefano Lilipaly menciptakan dua kesempatan emas dalam rentang waktu enam menit. Pada situasi satu lawan satu dengan kiper di menit ke-61, tendangan pemain naturalisasi itu diblok kiper.

Lalu di menit ke-67, Indonesia bisa saja mencetak gol seandainya tendangan bebas mendatar Lilipaly tak dapat diantisipasi penjaga gawang Kevin Jean-Louis.

Gol untuk Indonesia akhirnya ditorehkan di menit ke-90 setelah Evan Dimas dengan jeli sukses memanfaatkan bola pantul di depan gawang Mauritius. Skor pun berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Indonesia yang bertahan sampai laga usai.

Berikut susunan pemain kedua tim. 

Indonesia: Awan Setho, Fachrudin Wahyudi, Hansamu Yama, Rizki Pora, Gavin Kwan, Evan Dimas (90+3', Hanif Sjahbandi), Zulfiandi (35', Bayu Pradana), Irfan Jaya (46', Riko Simanjuntak), Febri Hariyadi (78', Ilham Udin), Stefano Lilipaly (89', Dedik Setiawan), Boaz Solossa (kapten, 59', Septian David Maulana). 

Mauritius: Kevin Jean-Louis, Jonathan Speville, Fabrice Augustin, Adel Langue, Jeremy Villeneuve, Mervyn Jocelyn (71', Fabrice Brasse), Gary Noel (78', Kevin Perticots), Jean Jacques Patate (46', Francis Rasolfonirina), Jonathan Justin (88', Stephan Nabab), Lindsay Rose (kapten), Walter Martin.

Baca juga: Indonesia-Mauritius imbang 0-0 babak pertama

Baca juga: Indonesia turunkan duet Lilipaly-Boaz kontra Mauritius

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018