"Alhamdulillah, ICF 2018 dibuka oleh Presiden Republik Azerbaijan, Ilham Aliyev bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Profesor Dr Muhajir Efendi,
Jakarta, (ANTARA News) - Ratusan ribu warga Azerbaijan diharapkan meramaikan "Indonesian Cultural Festival" (ICF) atau Festival Budaya Indonesia ke-3 yang digelar pada dua lokasi berbeda di Kota Baku, 11-16 September 2018.

"ICF 2018 akan menorehkan sejarah bagi Indonesia karena acara ini dilaksanakan di jantung Kota Baku Azerbaijan. Akan ada ratusan ribu warga Azerbaijan dan wisatawan mancanegara menikmati budaya Indonesia dan produk asli Indonesia," ungkap Duta Besar Indonesia untuk Azerbaijan, Husnan Bey Fananie dalam pernyataan melalui layanan pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu.

Duta Besar menambahkan bahwa ICF 2018 mengusung tema Keeping The Archipelago Greatest Culture Alive atau "Menjaga Budaya Agung Nusantara Tetap Hidup".

Dua lokasi penyelenggaraan ICF 2018 adalah Heydar Aliyev Sarayi dan Fountaine Square yakni pusat perbelanjaan luar ruang yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Azerbaijan dan wisatawan mancanegara karena letaknya di tengah jalur Sirkuit Formula 1 Baku.

ICF 2018 diikuti oleh beberapa kementerian Indonesia, antara lain, Kemeterian Luar Negeri, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Agama.

"Alhamdulillah, ICF 2018 dibuka oleh Presiden Republik Azerbaijan, Ilham Aliyev bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Profesor Dr Muhajir Efendi," ungkap Husnan Bey Fananie yang baru saja mendapat gelar Profesor dari Azerbaijan Dilar University.

ICF 2018 merupakan kegiatan tahunan terbesar yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Baku bekerjasama dengan PT Dana Dyaksa Nusantara (DAYA) di Jakarta.

Duta Besar yang tahun ini mendapat penghargaan dari Asosiasi Media di Azerbaijan ini menambahkan bahwa dalam waktu sepekan ke depan Kota Baku akan diramaikan oleh ratusan masyarakat Indonesia yang teribat dalam pameran Indonesia, Expo Indonesia di Pekan ICF.

"Ratusan masyarakat Indonesia akan mengangkat harga diri bangsa Indonesia di kancah internasional. Kita akan menebarkan semangat Indonesia ke sebuah negeri yang menjadi pusat peradaban dan pusat negara-negara Kaukasus, Eropa Timur, Asia Tengah dan Asia Selatan," kata Duta Besar Husnan yang mendapat predikat Duta Besar terbaik di Azerbaijan selama tiga tahun berturut-turut.

ICF 2018 juga dimeriahkan oleh Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Lampung), Pemerintah Provinsi Jakarta serta sejumlah pengusaha Indonesia yang mempromosikan produk asli Indonesia.*

Baca juga: Festival Kebudayaan Indonesia di Azerbaijan

 

Pewarta: Libertina W. Ambari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018