Jadi kami menggunakan pendekatan humanis agar lebih mudah dalam berkomunikasi
Badung,  (ANTARA News) - Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Ditlantas Polda) Bali menurunkan 28 polisi wanita (polwan) untuk mengawal tamu VIP atau delegasi perempuan yang menghadiri acara-acara internasional yang digelar di Bali.

"Jadi kami menggunakan pendekatan humanis agar lebih mudah dalam berkomunikasi," ujar Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Anak Agung Made Sudana saat upacara adat underpass Simpang Tugu Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali, Rabu.

Baca juga: Menyambut pertemuan IMF dan Bank Dunia, Satpol PP Jembrana merazia belasan penduduk pendatang

Made Sudana menuturkan para polwan akan mengamankan rute para delegasi dari bandara menuju hotel dan dari hotel menuju lokasi-lokasi acara kegiatan internasional, seperti pertemuan IMF Bank Dunia pada Oktober nanti.

Sebelum acara besar tersebut, pengawalan polwan telah diberlakukan untuk acara yang skalanya lebih kecil seperti Forum Parlementer Dunia yang berlangsung Rabu-Kamis (12-13 September).

Sementara untuk tamu VVIP seperti kepala negara, pengamanan dan pengawalanannya oleh Paspampres.

Salah satu polwan yang mengawal delegasi perempuan, Briptu Sari Dewi mengatakan sebelum tergabung dalam tim pengawalan, ia harus melalui serangkaian tes serta latihan mengendarai motor besar selama beberapa bulan.

"Kami memang hobi naik motor, tetapi pengawalan berbeda dari biasa. Pengawalan mengamankan kendaraan di belakang kami," kata Sari Dewi.

Baca juga: Luhut pastikan Pertemuan IMF-Bank Dunia tetap sesuai rencana

Ada pun Polda Bali akan menurunkan 2.509 personel untuk pengamanan selama pertemuan IMF Bank Dunia, serta didukung 2.650 satwil dan 664 personel dari Mabes Polri.

Baca juga: Rombongan menkeu 10 negara akan mendarat di Banyuwangi

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: M. Arifin Siga
Copyright © ANTARA 2018