Aceh contohkan peringatan tahun baru bernuansa Islami

Aceh contohkan peringatan tahun baru bernuansa Islami

Dokumentasi - Peringatan 1 Muharram Peserta mengikuti pawai memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1439 Hijriah di kota Banda Aceh, Kamis (21/9/2017). (ANTARA /Ampelsa)

Peringatan tahun baru Islam 1440 Hijriah ini menjadi momentum untuk hijrah dari kebodohan ke sarat ilmu pengetahuan serta menjadi pribadi yang saleh dan taat kepada Allah SWT,
Banda Aceh, (ANTARA News) - Ketua DPR Aceh Tgk Muharuddin mengatakan Aceh harus menjadi contoh dalam memperingati tahun baru hijriah yang diisi dengan kegiatan bernuansa Islami.

"Mayoritas masyarakat Aceh memperingati tahun baru Islam 1440 Hijriah yang diisi dengan kegiatan bernuansa Islam dan ini harus menjadi contoh bagi daerah lain," kata Tgk Muharuddin di Banda Aceh, Rabu.

Tgk Muharuddin menyatakan tahun baru di Aceh itu adalah tahun hijriah, diperingati setiap 1 Muharam. Bukan tahun baru masehi, yang dirayakan banyak orang setiap 1 Januari.

Menurut dia, banyak orang salah dalam merayakan tahun baru. Mereka merayakan dengan berpesta dan membakar petasan, serta kegiatan tidak berguna lainnya.

 Tgk Muharuddin mengajak masyarakat hanya merayakan tahun baru hijriah, bukan masehi. Peringatan tahun baru hijriah harus diisi dengan kegiatan bermanfaat seperti berdoa dan zikir atau mendengar tausiah.

"Peringatan tahun baru hijriah dengan mengisi kegiatan bernuansa Islami harus terus dilakukan. Dengan harapan, Aceh menjadi model bagi daerah lain dalam memperingati tahun baru Islam," kata dia.

Dalam peringatan tahun baru hijriah 1 Muharram, kata Tgk Muharuddin, ada peristiwa besar yang diperingati, yakni, hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah.

Tgk Muharuddin mengajak masyarakat memaknai setiap peringatan tahun baru hijriah, tidak asal memperingati. Makna tahun baru tersebut adalah bagaimana setiap individu hijrah menjadi lebih baik lagi.

"Peringatan tahun baru Islam 1440 Hijriah ini menjadi momentum untuk hijrah dari kebodohan ke sarat ilmu pengetahuan serta menjadi pribadi yang saleh dan taat kepada Allah SWT," kata Tgk Muharuddin.*

Baca juga: Din harapkan Tahun Baru Islam jadi momentum hijrah mental

Baca juga: "Hijriah", babak baru untuk saling menghargai


 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Pawai Obor ramaikan Bundaran HI

Komentar