Yogyakarta, 12/9 (ANTARA News) - Direksi Dewan Perempuan Internasional atau 'Board of Directors of International Council of Women' telah merampungkan persiapan yang diperlukan untuk pemilihan anggota dewan direksi yang akan segera berlangsung.
    
Dewan Perempuan Internasional (ICW) akan memilih Presiden, Wakil-Wakil Presiden, serta anggota dewan baru, sebagai salah satu rangkaian dari Sidang Umum ICW ke 35 yang digelar di hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, dari 13-18 September.
    
Wakil Presiden ICW dari Australia Hean Bee Wee mengatakan kepada Antara usai rapat jajaran Direksi ICW di Yogyakarta, Rabu, bahwa semua persiapan telah dijalankan dari jauh-jauh hari, sebelum sidang umum tersebut.
    
"Semua persiapan sudah kami lakukan, termasuk mengenai para kandidat. Kami juga sudah menyiapkan kertas pemilihan, serta melakukan pengecekan ulang terhadap para nominasi dan memastikan bahwa mereka semua memang layak maju," katanya.
    
Menurutnya, ICW juga telah mengalokasikan waktu khusus, di sela-sela rangkaian kegiatan sidang umum, bagi para kandidat untuk dapat memperkenalkan diri dan misi mereka masing-masing. Proses pemilihan sendiri rencananya akan dilaksanakan pada 15 September nanti.
    
Pada pemilihan kali ini, Hean mengatakan bahwa ada lebih banyak kandidat yang maju untuk mengisi kursi Wakil Presiden.
    
"Hal ini sebagian disebabkan oleh baiknya kepemimpinan yang berjalan selama tiga tahun terakhir. Orang-orang juga melihat adanya kebutuhan untuk mengisi posisi-posisi penting ini dan semua ingin berpartisipasi, karena kami semakin banyak mencapai agenda seputar wanita yang ditargetkan," jelasnya.
    
Saat ini, ada lima orang yang menduduki kursi Wapres di ICW, yakni Elisabeth Newman dan Hean Bee Wee dari Australia, Doris Bingley dari Malta, Lina Liu dari Taiwan serta Christine Knock dari Selandia Baru.
    
Selain menyelesaikan persiapan pemilihan anggota direksi baru, pertemuan direksi ICW juga membahas laporan anggaran keuangan dari tiga tahun terakhir.
    
Ribuan tokoh perempuan berkumpul dalam Sidang Umum ke-35 International Council of Women (ICW 2018), perkumpulan tokoh perempuan dunia yang berafiliasi ke Perserikatan Bangsa-Bangsa, dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia, yang rangkaian acaranya berlangsung di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta, dari 12 hingga 20 September 2018.
    
Acara itu diselenggarakan oleh ICW dan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) bekerja sama dengan Kementerian BUMN dan didukung penuh oleh 35 BUMN yang terlibat secara langsung menyukseskan acara, termasuk Perum LKBN Antara, dan acara tersebut juga dijadwalkan akan menghadirkan Presiden Joko Widodo.
    
Sidang Umum ke-35 ICW 2018 bertema "Tranforming Society Through Women Empowerement" (Mentransformasi Masyarakat Melalui Pemberdayaan Perempuan) akan dibuka oleh Presiden ICW Junsook Kim pada 13 September 2018.***4***

Baca juga: ICW apresiasi kinerja KOWANI selenggarakan sidang umum
Baca juga: Ketua Umum KOWANI berpeluang masuk direksi ICW

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Jaka Sugiyanta
Copyright © ANTARA 2018