Lelangnya akhir September atau awal Oktober. Mudah-mudahan setelah pembangunan selesai paket satu ini, akhir September atau awal Oktober ini kita akan lelangkan
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perhubungan akan menggelar lelang untuk mencari operator dan pengelola Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, pada Oktober 2018.

"Lelangnya akhir September atau awal Oktober. Mudah-mudahan setelah pembangunan selesai paket satu ini, akhir September atau awal Oktober ini kita akan lelangkan," kata Direktur Kepelabuhan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan M. Tohir di Jakarta, Rabu.

Tohir menjelaskan, melalui skema pembiayaan kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), sudah ada beberapa pihak yang menyatakan ketertarikan untuk menjadi operator pelabuhan tersebut.

"Yang tertarik justru operator dari Jepang karena kawasan industri di sana banyak dari Jepang. Dari Indonesianya belum. Pelindo II sampai sejauh ini sangat berminat, tapi belum (ada keputusan)," katanya.

Ada pun keputusan pemenang dijadwalkan sudah ada sebelum fase 1 pelabuhan tersebut beroperasi pada?2019.

Pembangunan Pelabuhan Patimban, pada paket pertama ditandatangani dengan nilai kontrak Rp6 triliun dari total Rp8,9 triliun hingga 2020. Untuk paket 1 akan dibangun terminal kendaraan 350.000 unit, terminal peti kemas 800.000 TEUs dan dermaga Roro dan diharapkan akan beroperasi pada 2019.

Ada pun konsorsium yang terlibat dalam pembangunan proyek di antaranya Penta Ocean, Toa, Rinkai, Wijaya Karya dan PP.

Baca juga: Akses jalan Pelabuhan Patimban segera dibangun, target selesai akhir 2019
Baca juga: Astra dan perusahaan lainnya nyatakan minat jadi operator Pelabuhan Patimban
 

Pewarta: Ade Irma Junida
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2018