Cak Imin harap seni bisa jadi panglima di Indonesia

Cak Imin harap seni bisa jadi panglima di Indonesia

Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar (ANTARA)

Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berharap seni dapat menjadi panglima atau suatu hal yang memberikan pengaruh bagi kehidupan di Indonesia. 

"Di era Soekarno politik jadi panglima, era Soeharto ekonomi jadi panglima dan era saat ini politik juga masih menjadi panglima. Semoga di tahun mendatang seni juga dapat menjadi panglima," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu malam. 

Cak Imin menyatakan hal tersebut kala membuka pameran lukisan tunggal bertajuk 'Mooi Indie Utopia" karya seniman Giri Basuki di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu. 

Menurut Ketua Umum PKB itu, seni selalu menambah khasanah, kekayaan serta keilmuan para pecinta dan pelaku seni maupun masyarakat.

Melalui seni, seorang seniman dapat menyampaikan pesan dan nilai-nilai positif yang bisa menggerakan publik.

Pameran lukisan Giri Basuki sendiri digelar atas kegelisahan sang seniman atas maraknya kabar bohong atau hoax yang terjadi di kehidupan masyarakat. 

Lebih jauh Cak Imin juga meminta para pelaku seni tidak antipati terhadap politik, karena tidak seluruh pelaku politik yang berpolitik semata untuk kepentingan politis. 

"Contohnya bagi saya politik hanyalah kosekuensi dari perjalanan kultural memperjuangkan cita-cita Nahdlatul Ulama yang telah diperjuangkan kakek buyut saya sejak dahulu. Jadi ini konsekuensi," tutur Cak Imin.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar