Liga 1

Ferdinand Sinaga selamatkan wajah PSM, tahan imbang Barito Putera 1-1

Ferdinand Sinaga selamatkan wajah PSM, tahan imbang Barito Putera 1-1

Arsip - Pesepak bola Persela Lamongan Eky Taufik (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSM Makassar Zulham Zamrun (kiri) dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jawa Timur, Jumat (10/8/2018). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Makassar (ANTARA News) - Penyerang PSM Makassar, Ferdinand Sinaga, berhasil mencetak gol di menit-menit akhir pertandingan demi menyelamatkan wajah tuan rumah dan menahan imbang Barito Putera 1-1 dalam laga lanjutan pekan ke-21 Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Tim tamu seolah bakal mencuri tiga poin penuh dari Makassar, semenjak mereka memperoleh keunggulan lewat gol Paulo Sitanggang pada menit 66, namun harapan itu dibuyarkan gol Ferdinand.

Hasil itu membuat Barito Putera naik ke peringkat kelima klasemen sementara dengan raihan 33 poin, sedangkan PSM (32) tertahan di urutan ketujuh.

Tampil di hadapan publiknya sendiri, PSM mengambil inisatif serangan sejak awal laga denhan memanfaatkan lebar lapangan, namun sejumlah umpan silang yang dilepaskan M. Rahmat dan kawan-kawan masih bisa dimentahkan ketenangan barisan pertahanan Barito.

Barito juga beberapa kali mencoba membangun serangan namun pertahanan disiplin yang diperlihatkan skuat Juku Eja membuat babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Tuan rumah kembali mengendalikan permainan di awal babak kedua, namun yang terjadi Barito malah mencuri keunggulan lewat gol Paulo Sitanggang.

Berawal dari serangan balik, mantan bintang timnas U-19 itu berhasil merangsek ke dalam pertahanan PSM ketika menerima umpan dari lini tengah dan melepaskan tembakan ke sisi kanan tak terbendung penjaga gawang Rivky Mokodompit.

Tertinggal satu gol, PSM mengubah pendekatan serangan demi mencari celah di wilayah pertahanan tim tamu.

Akhirnya, pada menit 82 memanfaatkan kebingungan di lini pertahanan Barito selepas pelanggaran terhadap Wiljan Pluim, bola liar berhasil dikirimkan Rahmat ke Ferdinand yang dengan sempurna menyelesaikan umpan matang yang diterimanya, demi menyamakan kedudukan 1-1.

Kendati kedua tim saling membangun serangan, namun tak ada gol tambahan di waktu tersisa hingga wasit Djumadi Effendi meniup peluit panjang tanda laga usai.

Baca juga: Persib tundukkan Arema 2-0 demi amankan puncak klasemen

Susunan pemain kedua tim:

PSM (4-3-3): Rivky Mokodompit; Abd Rahman, Hasyim Kipuw, Reva Adi Utama, Steven Paulle; Marc Klok, Rizky Pellu, Wiljan Pluim; Sandro, Heri Susanto, M Rahmat
Pelatih: Robert Rene Alberts

Barito Putera (4-4-2): Adhitya Harlan; Aaron Evans, Jajang Sukmara, Muhammad Rifqi, Nazar Nurzaidin; Douglas Packer, Hansamu Yama, Matias Cordoba, Paulo Sitanggang; Marcel Sacramento, Samsul Arif
Pelatih: Jacksen F. Tiago

Pewarta:
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar